Strategi Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi Terhadap Santri Di Pondok Pesantren Ngalah Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan

Authors

  • SULISTYONO
  • AGUS SATMOKO ADI

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n1.p%25p

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan pengelolah Pondok Pesantren atau pendidik dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi terhadap santri di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alasan pemilihan pendekatan kualitatif deskriptif adalah untuk mendeskripsikan rumusan masalah yang berjumlah 3 (Tiga) yaitu: (1) Bagaimana strategi penanaman nilai-nilai demokrasi di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan; (2) Apa hambatan dalam strategi penanaman nilai-nilai demokrasi di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan; (3) Bagaimana cara pengelola Pondok Pesantren dalam mengatasi hambatan dalam strategi peenanaman nilai-nilai demokrasi di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 (tujuh). Data yang digunakan diperoleh dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan mengenai strategi penanaman nilai-nilai demokrasi terhadap santri di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh pengelola pondok dan juga pendidik dalam penanaman nilai-nilai demokrasi terhadap santri sangat efektif melalui belajar mengajar di dalam kelas. Berdasarkan daftar alumni Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan banyak para alumni yang duduk di anggota dewan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teori pendekatan karakter Thomas lickona yang menjelaskan tentang proses terbentuknya karakter manusia melalui Moral Knowing (PengertianMoral), Moral Feeling (PerasaanMoral), Moral Action (TindakanMoral) .

Kata kunci: Karakter Demokrasi, Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan.

Abstract

The purpose of this study is to describe the strategies used by boarding school management or educators in instilling democratic values ??of santri at Ngalah Pasuruan Islamic Boarding School. This study uses a qualitative approach with a type of descriptive research. The reason for choosing a descriptive qualitative approach is to describe the formulation of the problem which amounts to 3 (three), namely: (1) What is the strategy of planting democratic values ??in the Ngalah Pasuruan Islamic Boarding School; (2) What are the obstacles in the strategy of planting democratic values ??in the Ngalah Pasuruan Islamic Boarding School; (3) How to manage Islamic Boarding Schools in overcoming obstacles in the strategy of planting democratic values ??in the Ngalah Pasuruan Islamic Boarding School. The subjects in this study amounted to 7 (seven). The data used is obtained from observation, interviews, and documentation. The results of the research that has been carried out on the strategy of planting democratic values ??towards santri at the Ngalah Pasuruan Islamic Boarding School indicate that the strategies used by cottage management and educators in planting democratic values ??towards santri are very effective through teaching and learning in the classroom. Based on the alumni list of the Ngalah Pasuruan Islamic Boarding School, many alumni sit on board members. The theory used in this study is to use the theory of Thomas Lickonas character approach which explains the process of human character formation through Moral Knowing (Moral Understanding), Moral Feeling (Moral Feeling), Moral Action (Moral Action).

Keywords : Character of democracy, Ngalah Pasuruan Islamic Boarding School.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-06

How to Cite

SULISTYONO, & SATMOKO ADI, A. (2019). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi Terhadap Santri Di Pondok Pesantren Ngalah Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n1.p%p
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 299