PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • NOVIA SAKINAH RAHMAYANTI
  • TOTOK SUYANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode serta manfaat penanaman karakter tanggung jawab pada anak lamban belajar di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada anak lamban belajar di SMK Negeri 1 Sidoarjo yaitu, (1) Metode Pengondisian Lingkungan, meliputi pengarahan pada saat MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) dan asesmen; (2) Metode Pembiasaan, meliputi model drill and direct intruction (pemberian latihan dan instruksi secara terus-menerus); (3) Metode Penguatan Positif, meliputi pemberian instruksi dengan menggunakan kalimat positif, pemberian perhatian berbentuk pantauan, dan pemberian rewards. Manfaat yang diperoleh dalam penanaman karakter tanggung jawab pada anak lamban belajar di SMK Negeri 1 Sidoarjo yaitu, (1) Melatih daya ingat; (2) Meningkatkan nilai akademik; (3) Meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial; (4) dan Mampu menumbuhkan karakter lainnya.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Anak Lamban Belajar

Abstract

This research was aimed to describe the method and the benefits of planting character responsibilities in slow learning children in SMK Negeri 1 Sidoarjo. This research is aimed to description of methodeThis study uses a qualitative approach with a type of case study. Data collection techniques using in-depth interviews and observations. The data that has been obtained is then analyzed by data reduction techniques, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the method used in instilling the character of responsibility in slow learning children at SMK Negeri 1 Sidoarjo, namely, (1) Environmental Conditioning Methods, including direction at the time of MPLS (the introduction of the school environment) and assessment; (2) Habitual methods, includingmodels drill and direct intruction (continuous training and instruction); (3) Positive Strengthening Methods, including giving instructions using positive sentences, giving attention in the form of monitoring, and giving rewards. The benefits obtained in planting the character of responsibility in slow children learn at SMK Negeri 1 Sidoarjo which is, (1) Trains memory; (2) Increases academic value; (3) Increases the ability to interact socially; (4) and is able to grow other characters.

Keywords: Character Education, Slow Learner Student


Published
2019-07-08
How to Cite
SAKINAH RAHMAYANTI, N., & SUYANTO, T. (2019). PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 177