PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KEKERASAN PADA ANAK DI DAERAH RW 07 KEMLATEN KARANGPILANG SURABAYA

  • ADI SUPRAYOGI
  • RADEN RORO NANIK SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap kekerasan pada anak di daerah RW 07 Kemlaten Karangpilang Surabaya. Pengkajian penelitian ini menggunakan paradigma fakta sosial dengan teori persepsi Robbins, yang bertumpu pada gambaran yang didapat oleh individu dari panca indera kemudian diorganisir, diintepretasi dan dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini menggunakan menggunakan purposive sampling. Pemilihan informan menggunakan kriteria untuk memenuhi data penelitian. Dari ke enam informan tersebut memiliki keluarga yang lengkap, namun memiliki perbedaan pada segi pemahaman atau pendidikan dan pola asuh orang tuanya yang dilihat dari kondisi ekonomi semua informan rata-rata memiliki penghasilan yang cukup. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap kekerasan pada anak, yakni orang tua di daerah RW 07 Kemlaten Karangpilang Surabaya merupakan tindak kekerasan pada anak merupakan hal yang tidak disarankan untuk orang tua, akan tetapi tanpa sadar orang tua melakukan hal tersebut dengan harapan anak akan menjadi lebih baik. Kekerasan pada anak berdampak negatif pada anak, sehingga anak akan merasa takut dan minder, serta hal tersebut akan mempengaruhi daya kembang anak. Beberapa alasan mengapa orang tua di daerah RW 07 Kemlaten Karangpilang Surabaya melakukan kekerasan pada anak meliputi, kondisi keluarga dari faktor internal, berupa pengetahuan orang tua dan pengalaman orang tua dalam mengasuh anak dan faktor eksternal, berupa faktor ekonomi dan keadaan lingkungan atau latar belakang keluarga.

Kata Kunci: persepsi, kekerasan anak, orang tua.

Abstract

This study aims to describe parents perceptions of violence on children in the RW 07 Kemlaten Karangpilang area of ​​Surabaya. The study of this study uses the social fact paradigm with Robbins perception theory, which relies on the impressions obtained by individuals through the five senses and then analyzed (organized), interpreted and then evaluated, so that the individual obtains meaning. This study uses a qualitative approach with phenomenological design. The informant retrieval technique in this study used purposive sampling. The selection of informants used criteria to meet the research data. Of the six informants who have a complete family, but have differences in terms of understanding or education and parenting parents seen from the economic conditions all informants have an average income. The data collection technique is done by conducting participant observation, in-depth interviews, and documentation. The results of the study showed that parents perceptions of child abuse, namely parents in the RW 07 Kemlaten Karangpilang Surabaya area were acts of violence against children which were not recommended for parents, but unconsciously parents did so in the hope that children would to be better. Violence in children has a negative impact on children, so children will feel scared and insecure, and this will affect the development of children. Some of the reasons why parents in RW 07 Kemlaten Karangpilang Surabaya do violence to children include family conditions from internal factors, in the form of parents knowledge and parents experience in caring for children and external factors, in the form of economic factors and circumstances or family background.

Keywords: perception, child abuse, parents.





Published
2019-07-30
How to Cite
SUPRAYOGI, A., & RORO NANIK SETYOWATI, R. (2019). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KEKERASAN PADA ANAK DI DAERAH RW 07 KEMLATEN KARANGPILANG SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 298
PDF Downloads: 281