PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PADA ANAK DI KAMPUNG LAWAS MASPATI SURABAYA

  • EILYSA SARASATI HANA SIRAIS
  • AGUS SATMOKO ADI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran bagaimana peran orang tua dalam menanamkan sikap nasionalisme pada anak dan faktor yang mempengaruhinya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam dengan menggunakan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dikaji menggunakan teori peran Biddle dan Thomas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menanamkan sikap nasionalisme pada anak di Kampung Lawas Maspati meliputi melaksanakan peran sebagai pendidik, panutan, pendamping dan pendorong dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Peran orang tua sebagai pendidik yaitu mengajarkan sikap saling membantu, mengajarkan sikap menghormat berbeda agama dan menaati peraturan kampung. Peran orang tua sebagai penutan yaitu menerapkan budaya tegur sapa, menghargai perbedaan pendapat, dan menerapkan budaya “jumput semut”. Orang tua sebagai pendamping yaitu memilihkan permainan untuk anak dan mengontrol ketika anak menyasikan TV. Orang tua sebagai pendorong yaitu menggunakan baju batik, memberi kebebasan aktif dalam kegiatan kampung, memberikan fasilitas mengembangkan kampung wisata dan memeriahkan hari kemerdekaan. Faktor yang mempengaruhi penanaman sikap nasionalisme meliputi, wawasan orang tua tentang nasionalisme, kesadaran orang tua tentang nasionalisme, pengaruh globalisasi, pengaruh teknologi informasi dan komunikasi, lingkungan kampung dan tokoh masyarakat.

Kata Kunci: Nasionalisme, Orang tua, Anak

Abstract

This study aims to describe the picture of how the role of parents in instilling the attitude of nationalism in children and the factors that influence it. Using a qualitative approach to the type of case study research. Data collection techniques through participatory observation and in-depth interviews using data analysis techniques include data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions, which are examined by the theory of the role of Biddle and Thomas. The results of this study indicate that the role of parents in instilling an attitude of nationalism in children in the Maspati Lawas Village includes carrying out the role of educators, role models, assistants and encouragement by instilling nationalism values. The role of parents as educators is to teach mutual help, respect neighbors of different religions and obey village regulations. The role of parents as penutan is implementing a culture of greeting, respecting differences of opinion, and implementing a culture of "jumput semut”. Parents as a companion is choosing a game for children and controlling when the child is watching TV. Parents as drivers are wearing batik, giving active freedom in village activities, providing facilities to develop tourist villages and enlivening independence day. Factors that influence the handling of nationalism attitudes include, parents insights about nationalism, parents awareness of nationalism, the influence of globalization, the influence of information and communication technology, village environment and community leaders.

Keywords: Nationalism, Parents, Children




Published
2019-08-12
How to Cite
SARASATI HANA SIRAIS, E., & SATMOKO ADI, A. (2019). PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PADA ANAK DI KAMPUNG LAWAS MASPATI SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 309
PDF Downloads: 394