PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DI SMPN 1 NGADIROJO PACITAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n1.p%25pAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran ludo pada materi perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara di SMPN 1 Ngadirojo Kabupaten Pacitan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Data dikumpulkan menggunakan lembar penilaian (validasi dan respon peserta didik), lembar observasi dan tes. Subjek penelitian terdiri dari 2 validator ahli (ahli materi dan ahli media), 2 observer (guru) dan 16 peserta didik. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini didasarkan pada teori kerucut pengalaman Dale yang menyatakan bahwa pengalaman belajar seseorang akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ludo dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran PPKn kelas VII. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan perolehan skor 80.7% pada aspek kevalidan, skor 89.8% pada aspek kepraktisan, skor 90% hasil observasi aktivitas pembelajaran dan skor 81.2% nilai ketuntasan pada aspek keefektifan. Dengan demikian, media pembelajaran ludo dapat memberikan pengalaman belajar yang baik sehingga memengaruhi hasil belajar menjadi lebih baik. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, ludo. Abstract The research aim to describe the appropriateness of ludo learning media on the formulation and designation of Pancasila as the countrys foundation in SMPN 1 Ngadirojo Pacitan Regency in terms of validity, practicallity and effectiveness. This research usesmethods research and development (R&D). Data were collected using an assessment sheet (students validation and response), observation sheets and tests. The subjects in this study consisted of 2 expert validators (material experts and media experts), 2 observers (teachers) and 16 students. The development of instructional media in this research is based on Dales experience cone theory which states that ones learning experience will affect the learning outcomes obtained. The results showed that the Ludo learning media was declared suitable for use as a learning media for Class VII PPKn. This is evidenced by the results of research showing the acquisition of a score of 80.7% in the validity aspect, a score of 89.8% in the practical aspect, a score of 90% in the observation of learning activities and a score of 81.2% in the effectiveness aspect. Thus, Ludo learning media can provide a good learning experience so that it affects learning outcomes for the better. Keywords:development, learning media, ludo.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-01-12
How to Cite
WISNU NUGROHO, A., & LISTYANINGSIH. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DI SMPN 1 NGADIROJO PACITAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(1). https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n1.p%p
Issue
Section
Articles

