TINGKAT KESADARAN HUKUM PENGGUNA JASA LAYANAN PARKIR TERHADAP PENYELENGGARAAN PARKIR TEPI JALAN UMUM (TJU) ZONA DI KAWASAN PASAR BLAURAN SURABAYA

  • FARICHA PUTRI MIRA DELIMA
  • AGUS SATMOKO ADI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran hukum pengguna jasa layanan parkir terhadap penyelenggaraan parkir tepi jalan umum zona di Kawasan Pasar Blauran Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teori kesadaran hukum Soerjono Soekanto digunakan dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh menyatakan tentang tingkat kesadaran hukum pengguna jasa layanan parkir terhadap penyelenggaraan parkir tepi jalan umum zona di Kawasan Pasar Blauran dalam kategori cukup baik dengan persentase sebesar 53,47%. Berdasarkan hasil angket keempat indikator kesadaran hukum menunjukkan hasil dengan rincian sebagai berikut: (1) Pengetahuan hukum sebesar 54,13% dalam kategori cukup baik; (2) Pemahaman hukum sebesar 53,80% dalam kategori cukup baik; (3) Sikap hukum sebesar 56,84% dalam kategori cukup baik; (4) Perilaku hukum sebesar 49,12% dalam kategori kurang baik. Artinya adanya ketidakkonsistenan indikator kesadaran hukum. Faktor kebudayaan berupa nilai-nilai yang hidup di masyarakat sangat berpengaruh terhadap kesadaran hukum yang dimiliki. Ketika suatu peraturan tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial masyarakat maka semakin sukar masyarakat untuk berperilaku tertib terhadap aturan hukum.

Kata Kunci: Kesadaran Hukum, Pengguna Jasa Layanan Parkir, Zona.

Abstract

This study aims to describe the legal awareness of parking service users towards the implementation of zone public roadside parking in the Blauran Market Area in Surabaya. This research uses a quantitative approach with descriptive methods. Soerjono Soekantos legal awareness theory was used in this study. The sample in this study amounted to 95 respondents. Data collection techniques are done using a questionnaire. Data analysis techniques in this study used percentage techniques. The results obtained stated about the level of legal awareness of parking service users towards the implementation of zone public roadside parking in the Blauran Market Area in the quite good category with a percentage of 53.47%. Based on the results of the questionnaire, the four indicators of legal awareness show the results with the following details: (1) Legal knowledge of 54.13% in the category is quite good; (2) Legal understanding of 53.80% in the good enough category; (3) Legal attitude of 56.84% in the good enough category; (4) Legal behavior of 49.12% in the unfavorable category. This means that there are inconsistent indicators of legal awareness. Cultural factors in the form of values ​​that live in society greatly affect the legal awareness they have. When a regulation is not in accordance with the social values ​​of the community, it becomes increasingly difficult for people to behave in an orderly manner towards the rule of law.

Keywords: Legal Awareness, Parking Service Users, Zona.
Published
2020-06-06
How to Cite
PUTRI MIRA DELIMA, F., & SATMOKO ADI, A. (2020). TINGKAT KESADARAN HUKUM PENGGUNA JASA LAYANAN PARKIR TERHADAP PENYELENGGARAAN PARKIR TEPI JALAN UMUM (TJU) ZONA DI KAWASAN PASAR BLAURAN SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2), 138-152. https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n2.p138-152
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 330