Hubungan Poin Pelanggaran terhadap Kedisiplinan Peserta didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 29 Gresik

  • ALFIAN MUBAROK
  • RADEN RORO NANIK SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan poin pelanggaran terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VIII UPT SMPN 29 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel dalam peneltian ini berjumlah 167 peserta didik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori operant conditioning B.F. Skinner. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif poin pelanggaran terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VIII UPT SMPN 29 Gresik sebesar 0,201 yang berarti memiliki hubungan rendah. Hubungan dikategorikan rendah karena beberapa guru membiarkan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan PBM atau kegiatan lainnya di lingkungan sekolah terjadi tanpa adanya sanksi yang diberikan. Pembiaran pelanggaran yang dilakukan beberapa guru akan membuat perilaku menyimpang dari peserta didik akan meningkat. Pemberian hukuman menjadi sarana belajar bagi peserta didik dalam memperbaiki perilaku menyimpang. Skinner berpendapat bahwa hukuman yang baik adalah ketika peserta didik merasakan sendiri konsekuensi dari perbuatannya. Poin pelanggaran menjadi hal utama dalam menilai kedisiplinan peserta didik di UPT SMP Negeri 29 Gresik. Melalui poin pelanggaran,kedisiplinan peserta didik dapat dikontrol oleh pihak sekolah dan melakukan upaya pencegahan bagi peserta didik yang tabungan poinnya sudah mencapai batas dengan pemanggilan orang tua dan pendampingan dari guru BK.

Kata Kunci: Poin pelanggaran, Kedisiplinan, Tata Tertib Sekolah

Abstract

This study aims to determine the relationship of the violation points on the discipline of the 8th grade students of UPT Junior High School 29 Gresik. This research uses quantitative approach with a correlational design. The sample in this research amountes to 167 students. The theory used in this research is the B.F Skinner operant conditioning theory The technique of data collection were done using questionnaire and documentation. The techniques of data analysis uses product moment correlation analysis. tion with the violation points on the discipline of the 8th grade students of junior high school 29 Gresik by 0,201 which means they have a low relationship. The relationship is categorized as low because some teachers let the violations committed by students in teaching and learning activities or other activities in the school environment occur without any sanctions given. Omission of violations committed by some teacher will make the deviant behavior of student will increase. Punishment is learning tool for students in correcting deviant behavior. Skinner belives that a good punishment is when students feel the consequences of their own actions. The violations point become the main thing in assessing the dicipline of the 8th grade students of UPT Junior High School 29 Gresik. Through the points of violation, the discipline of students can be cotrolled by the school and make efforts to prevent students whose saving points have reached the limit by caliing parents and mentoring from BK teachers.

Keywords: Points of violation, Discipline, School rules.
Published
2020-06-08
How to Cite
MUBAROK, A., & RORO NANIK SETYOWATI, R. (2020). Hubungan Poin Pelanggaran terhadap Kedisiplinan Peserta didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 29 Gresik. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2), 200-214. https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n2.p200-214
Abstract Views: 186
PDF Downloads: 236