PEMENUHAN HAK PESERTA DIDIK PENYANDANG DISABILITAS DI SMA NEGERI 4 SIDOARJO (STUDI AKSES PENDIDIKAN PROGRAM SEKOLAH INKLUSI)

  • ALDIN DWIKA SETIAWAN
  • RADEN RORO NANIK SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan hambatan dalam program sekolah inklusi di SMA Negeri 4 Sidoarjo sebagai wujud pemenuhan hak bagi peserta didik penyandang disabilitas dalam akses pendidikan. Kemudian mendeskripsikan alternatif solusi yang ditemukan untuk mengatasi hambatan pada pelaksanaan sekolah inklusi di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program sekolah inklusi di SMA Negeri 4 Sidoarjo dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip pemerataan dan peningkatan mutu, prinsip keberagaman, prinsip keberlanjutan, dan prinsip keterlibatan dari seluruh komponen dengan mengoptimalkan layanan pada poin-poin implikasi manajerial. Penerimaan peserta didik disabilitas dilakukan dengan tindakan identifikasi dan asesmen. Proses pembelajaran pendidikan inklusif dilakukan dikelas reguler dan diruang khusus (Resources Room) untuk menopang kurikulum kekhususan peserta didik disabilitas. (2) Hambatan yang dialami SMA Negeri 4 Sidoarjo dalam melaksanakan program pendidikan inklusif adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai sesuai dengan pasal 10 Undang-Undang Nomor. 8 Tahun 2016 tentang hak pendidikan penyandang disabilitas yang kurang terakomodasi dalam infrastruktur sarana dan prasarana. (3) Solusi yang diambil SMA Negeri 4 Sidoarjo adalah dengan mengadakan sumbangan sukarela dari para wali murid untuk menunjang fasilitas seperti alat dan media pembelajaran bagi peserta didik.

Kata Kunci: Pendidikan Inklusif, Akses Pendidikan, Penyandang Disabilitas.

Abstract

The purpose of this study is to describe the implementation and obstacles in the inclusive school program in Senior High School 4 Sidoarjo as a form of fulfilling the rights of students with disabilities in accesing education. Moreover, to describe the alternative solutions that found in order to overcome obstacles in the implementation of inclusive schools in Senior High School 4 Sidoarjo. This research uses a descriptive qualitative approach. The data collection techniques that use in this study is interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that (1) The inclusive school program at Senior High School 4 Sidoarjo is carried out due to the principles of equity and quality improvement, the principle of diversity, the principle of sustainability, and the principle of involvement of all components by optimizing services toward points of managerial implications. Enrollment of students with disabilities is done by identification and assessment. The process of inclusive education learning is carried out in the regular classrooms and in special rooms (Resources Room) to support the curriculum for the specificity of students with disabilities. (2) The obstacles accomplished by Senior High School 4 Sidoarjo in implementing inclusive education programs are inadequate facilities and infrastructure in accordance with article 10 of Law Number. 8 2016 concerning the educational rights of persons with disabilities that are less accommodated in term of infrastructures and facilities. (3) The solution taken by Senior High School 4 Sidoarjo is to make parents contribute voluntarily in supporting facilities such as tools and learning media for students.

Keywords: Inclusive Education, Acces to Education, Persons with Disabilities.

Published
2020-06-24
How to Cite
DWIKA SETIAWAN, A., & RORO NANIK SETYOWATI, R. (2020). PEMENUHAN HAK PESERTA DIDIK PENYANDANG DISABILITAS DI SMA NEGERI 4 SIDOARJO (STUDI AKSES PENDIDIKAN PROGRAM SEKOLAH INKLUSI). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n2.p%p
Abstract Views: 351
PDF Downloads: 454