KONSTRUKSI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TENTANG PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n1.p218-234Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap konstruksi mahasiswa program studi S1 PPKn UNESA tentang Pancasila. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksploratif yang dilakukan di Jurusan PMPKN Prodi PPKn Universitas Negeri Surabaya. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 PPKn semester enam hingga semester delapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan analisis model Mile dan Huberman. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu mahasiswa PPKn hanya mampu menyebutkan empat fungsi Pancasila. Mahasiswa menolak berlakunya ideologi Liberal dan Komunis di Indonesia. Namun, sebagian mahasiswa meyakini bahwa Islam adalah ideologi terbaik. Nilai Pancasila dipahami sebagai berikut: nilai ketuhanan adalah negara mengakui adanya Tuhan. Nilai kemanusiaan adalah manusia memiliki kedudukan dan hak yang sama. Hakikat keadilan sila kedua adalah keadilan antar sesama manusia. Nilai persatuan adalah Bhineka Tunggal Ika. Nilai kerakyatan adalah rakyat memiliki kedaulatan yang tinggi berdasarkan pada Pancasila (demokrasi Pancasila). Nilai keadilan adalah pemberian hak yang sama kepada seluruh warga negara. Wujud pelaksanaan Pancasila yaitu ibadah kepada Tuhan, adil dalam kerja kelompok, gotong royong, musyawarah dan demokrasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kontruksi mahasiswa program studi S1 PPKn UNESA tentang Pancasila belum utuh, terbukti dengan ketidakmampuan mahasiswa PPKn dalam menyebutkan serta menjelaskan fungsi dan nilai Pancasila dengan lengkap dan sesuai konteks.
Kata Kunci : Konstruksi, Mahasiswa, Pancasila.
Abstract
This research conducted to express the construction of Civics students of Surabaya State University about Pancasila. This research use exploratory type conducted at PMPKN major, study program of PPKn (Civics) in Surabaya State University. Informants in this research are Civics students in sixth semester to eighth semester. Technique of data collection used is in-depth interview by Mile and Huberman analysis model. Result gotten in this research is Civics students are just able to mention four functions of Pancasila. Students reject the enactment of Liberal ideology and Communist in Indonesia. But, some of students realize that Islam is the best ideology. The values of Pancasila are understood as follows : the divinity value is state admit the presence of God. Humanity value is man has same status and rights. The essence of justice on humanity value is justice among others. Unity value is Bhineka Tunggal Ika. Citizenship value is citizens have high sovereignty based on Pancasila (democracy of Pancasila). Justice value is giving equal rights to all citizens. The implementation of Pancasila is worship to God, justice in group work mutual cooperation, deliberation, and democracy. Based on the research has been done, it can be concluded that the construction of Civics students of Surabaya State University about Pancasila is incomplete, as evidenced by inability of Civics student in mentioning also explaining the function and value of Pancasila completely and appropriate with context.
Keyword : Construction, Student, Pancasila.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-05-24
How to Cite
PPKn, H., & PPKn, W. (2013). KONSTRUKSI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TENTANG PANCASILA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 218–234. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n1.p218-234
Issue
Section
Articles

