PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN BOT API APLIKASI TELEGRAM PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 12 SURABAYA

  • Aprita Subiyantoro S1 PPKn FISH Unesa
  • Listyaningsih Listyaningsih S1 PPKn FISH Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning dengan Robot Application Programming Interface (BOT API) aplikasi Telegram pada mata pelajaran PPKn materi sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan UUD NRI 1945, serta menguji tingkat kelayakan media pembelajaran dari hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan respons peserta didik uji coba. Jenis penelitian ialah Research and Development (R&D) mengacu model ADDIE Branch. Subjek uji coba ialah 20 peserta didik kelas XI SMAN 12 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan berdasarkan model ADDIE Branch sampai pada tahap ketiga yang meliputi, analysis (analisis), design (desain) dan development (pengembangan). Proses pengembangan media pembelajaran sejalan dengan teori Kerucut Pengalaman Dale. Tingkat kelayakan media yang diperoleh dari hasil validasi materi memiliki rata-rata 4,5 dengan kategori sangat layak, dari hasil validasi media memperoleh rata-rata 4,5 dengan kategori sangat layak dan dari hasil validasi bahasa memperoleh rata-rata 4,4 dengan kategori sangat layak. Uji coba media pembelajaran memperoleh rata-rata 4,4 dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran mobile learning dengan BOT API aplikasi Telegram, sangat layak digunakan selain berisi visualisasi pengetahuan yang inovatif, konkret, media juga berfungsi sebagai alternatif untuk keluar dari pembelajaran abstrak yang mengandalkan verbalisme semata.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mobile Learnig, PPKn.

Abstract

This research aims to develop mobile learning with the Robot Application Programming Interface (BOT API) on Telegram application for civic education subject, lessons on the system and dynamics of Pancasila democracy in accordance with the 1945 Constitution of the Republic Indonesia and to test the feasibility of learning media from the validation results of material experts, media experts, linguists experts and response of students in trials.. This type of research is Research and Development (R&D) that refers ADDIE Branch model. The subjects of this learning media trial are 20 students who are on grade XI SMAN 12 Surabaya. The results showed that the development process based on the ADDIE Branch model reached the third stage which included analysis, design and development. The process developing directed learning media, using the theory of the Dale’s Cone Experience. The level feasibility media obtained from the results of the validation average material is 4.5 with a very decent category, from the results of the validation media obtained an average of 4.5 with a very decent category and from the results of language validation obtained an average of 4.4 with a very decent category. Learning media trials for students obtained an average eligibility of 4.4 with a very decent category. Thus, it can be concluded that the mobile learning with BOT API Telegram application, very suitable to use in addition to containing visualization of innovative, concrete, media also functions as an alternative to get out of abstract learning that only relies on verbalism.

Keywords: Learning Media, Mobile Learnig, Civic Education

 

Published
2020-08-19
How to Cite
Subiyantoro, A., & Listyaningsih, L. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN BOT API APLIKASI TELEGRAM PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 12 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 856-870. https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n3.p856-870
Abstract Views: 1024
PDF Downloads: 1161