PENANAMAN SIKAP KEBERSAMAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KELAS INKLUSI SMP NEGERI 13 SURABAYA

  • Kubroini Nur Aini Fuaddah
  • Harmanto Harmanto

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini pertama mendeskripsikan metode Guru Pembimbing Khusus (GPK) dalam penanaman sikap kebersamaan. Kedua mengetahui hasil pengaplikasian sikap kebersamaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusi SMP Negeri 13 Surabaya. Teori dalam penelitian ini adalah Teori Social Learning Albert Bandura. Penelitian ini mempergunakan suatu pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Informan pada penelitian ini berjumlah tiga orang, ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara kritis. Hasil penelitian pada permasalahan pertama, mengungkapkan metode penanaman sikap kebersamaan yang dimiliki dan dipergunakan oleh GPK di kelas inklusi terbagi menjadi 4 metode, (1) Metode Pengarahan, meliputi pengenalan dan penjelasan sikap kepada ABK yang bertujuan untuk tidak merendahkan kekurangan orang lain bahwa semua ABK adalah keluarga; (2) Metode Bertukar Peran, meliputi pantauan dan pendekatan untuk mencari solusi ketika terdapat masalah dengan temannya; (3) Metode Terapi Pintar, metode yang khusus dilaksanakan di setiap hari Jumat untuk mengasah keterampilan dan kerjasama para peserta didik ABK sebagai bekal kedepannya; (4) Metode Penguatan Positif, suatu metode pemberian motivasi dengan kalimat positif yang membangun, pemberian perhatian dengan tindakan langsung, pemberian rewards dan punishment. Sedangkan hasil pengaplikasian yang diperoleh dari permasalahan kedua yaitu sikap kebersamaan sesama ABK antara lain; sikap saling peduli terhadap sesama ABK, kepekaan terhadap lingkungan sekitar, dan sikap saling memiliki ikatan persaudaraan yang erat antar sesama ABK. Oleh karena itu, metode yang paling efisien dan berhasil dalam penerapan penanaman karakter sikap kebersamaan peserta didik ABK yaitu Metode Terapi Pintar.

Kata Kunci: Kebersamaan, Metode GPK, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

  

Abstract

The purpose of this research is first to describe the method of the Special Guidance Teacher (GPK) in cultivating a togetherness attitude. Second, knowing the results of the application of the togetherness attitude of Children with Special Needs (ABK) in the Inclusion Class of SMP Negeri 13 Surabaya. The theory in this research is Albert Bandura's Social Learning Theory. This study uses a qualitative approach with a case study design. There are three informants in this study, determined using purposive sampling technique. Data collection techniques using observation and critical interviews. The results of the research on the first problem revealed that the method of cultivating the togetherness that was owned and used by GPK in the inclusion class was divided into 4 methods, (1) Instructional Method, which includes the introduction and explanation of attitudes to the children with the aim of not undermining the shortcomings of others that all ABK are family; (2) Role-Swapping Method, including monitoring and approaches to finding solutions when there are problems with friends; (3) Smart Therapy Method, a special method implemented every Friday to hone skills and cooperation among ABK students as a provision for the future; (4) Positive Reinforcement Method, a method of giving motivation with constructive positive sentences, giving attention with direct action, giving rewards and punishments. While the application results obtained from the second problem, namely the togetherness attitude among children with special needs, among others; a caring attitude for each other with special needs, sensitivity to the surrounding environment, and an attitude of having close brotherly ties between fellow ABK. Therefore, the most efficient and successful method in implementing the togetherness character of ABK students is the Smart Therapy Method.

Keywords: Togetherness, GPK Method, Children with Special Needs (ABK)

Published
2021-01-14
How to Cite
Fuaddah, K., & Harmanto, H. (2021). PENANAMAN SIKAP KEBERSAMAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KELAS INKLUSI SMP NEGERI 13 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1), 31-45. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n1.p31-45
Abstract Views: 416
PDF Downloads: 516