INTERNALISASI JIWA SEMANGAT NILAI-NILAI 1945 MELALUI KEGIATAN VETERAN MENGAJAR DI KOTA SURABAYA

  • Moh. Ainun Najib
  • Rr. Nanik Setyowati

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi Jiwa Semangat Nilai-nilai 1945 melalui kegiatan Veteran Mengajar di Kota Surabaya. Jiwa Semangat Nilai-Nilai 1945 dapat jabarkan sebagai nilai yang terkandung dalam sila-sila dari Pancasila. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran sosial dari Albert Bandura. Konsep dari teori ini dimana proses belajar mengajar dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sasaran belajar, sumber belajar, dan sarana belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menerangkan bahwa internalisasi Jiwa Semangat Nilai-Nilai 1945 melalui kegiatan Veteran Mengajar dibagi menjadi tiga tahapan. (1) Tahapan perencanaan, yakni penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran. (2) Tahapan inti/pembelajaran, yakni pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan Veteran kepada peserta didik, kegiatan Veteran Mengajar menggunakan model pembelajaran sosial dimana Veteran menjadi modeling pembelajaran dan peserta didik akan meniru model yang ditampilkan. (3) Tahapan evaluasi, yakni  penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik kepada peserta didik melalui program sekolah.

Kata Kunci: internalisasi,  kegiatan veteran mengajar, jiwa semangat nilai-nilai 1945.

 

Abstract

This study aims to describe the internalization of Soul, Spirit, Values 1945 for the Veteran Teaching activities in the city of Surabaya. This study attempts to know the Soul of the Spirit internalization 1945 through the Veteran Teaching in the city of Surabaya. Soul, Spirit, Values 1945 can be described as a Value’s contained in the principles of Pancasila. This Research uses social learning theory from Albert Bandura. Concept and technique where the taeching and learning process utilizes the environment as a learning tools and learning facilities. This research uses a qualitative approach with a case study design, while the data collection techniques used are in-depth interviews, observations and documentation. The results of the study explain that the internalization of the spirit of Values of 1945 through the Veteran Teaching activity is divided into three stages. (1) The planning stage is the preparation of the learning implementation plan. (2) The core learning stages, namely the implementation of the laerning process carried out by Veterans to students, Veteran activities Teaching uses a social learning model where Veteran become learning model and student will follow the model shown. (3) The stages of evaluation, namely affective cognitive assesment and psychomotor to students through school programs.  

Keywords: internalization, veteran teaching activities, soul spirit values 1945.

Published
2021-01-14
How to Cite
Najib, M., & Setyowati, R. (2021). INTERNALISASI JIWA SEMANGAT NILAI-NILAI 1945 MELALUI KEGIATAN VETERAN MENGAJAR DI KOTA SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1), 76-90. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n1.p76-90
Abstract Views: 301
PDF Downloads: 832