PENGUATAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN BAGI PEREMPUAN PEDESAAN MELALUI SEKOLAH PEREMPUAN DESA SUMBEREJO KOTA BATU

  • Salsabila Ghassani
  • Maya Mustika Kartika Sari

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter kewarganegaraan yang dilakukan oleh Sekolah Perempuan Desa Sumberejo. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan Ginandjar Kartasasmitha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini sejumlah empat orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di desa Sumberejo, Kecamatan Baru, Kota Batu. Informan penelitian ini  adalah Koordinator Sekolah Perempuan Desa Sumberejo dan alumni Sekolah Perempuan Desa Sumberejo. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, selanjutnya ditarik kesimpulan. Teknik keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Sekolah Perempuan Desa Sumberejo dalam memberi penguatan karakter kewarganegaraan terdiri dari empat tahapan. Tahapan pertama adalah penguatan kesadaran kemandirian perempuan. Tahapan kedua adalah penguatan sikap dalam proses pemilu. Tahapan ketiga adalah penguatan keseimbangan peran di lingkup keluarga. Tahapan yang keempat adalah penguatan menanamkan sikap toleransi dalam bermasyarakat.

Kata Kunci: Sekolah Perempuan Desa, pemberdayaan, karakter kewarganegaraan

 

 

Abstract

This study aims to describe the strengthening of the civic character carried out by the Sumberejo Village Women's School. This research uses Ginandjar Kartasasmitha's theory of empowerment. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The informants in this study were four people who were selected using purposive sampling technique. Data were collected by means of in-depth interviews and documentation. The location of this research is in the village of Sumberejo, Kecamatan Baru, Kota Batu. The informants of this study were the Coordinator of the Sumberejo Village Women's School and alumni of the Sumberejo Village Women's School. The data analysis technique in this study used data reduction, data presentation, then conclusions were drawn. The validity technique in this research is technical triangulation and source triangulation. The results of this study indicate that the efforts of the Sumberejo Village Women's School in strengthening the character of citizenship consist of four stages. The first stage is strengthening awareness of women's independence. The second stage is to strengthen attitudes in the electoral process. The third stage is strengthening the balance of roles in the family. The fourth stage is strengthening to instill tolerance in society.

Keywords: Village Women's School, empowerment, citizenship character

Published
2021-01-14
How to Cite
Ghassani, S., & Sari, M. (2021). PENGUATAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN BAGI PEREMPUAN PEDESAAN MELALUI SEKOLAH PEREMPUAN DESA SUMBEREJO KOTA BATU. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1), 124-140. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n1.p124-140
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 0 PDF Downloads: 192