TINGKAT TOLERANSI DI KELAS INKLUSI SEKOLAH RAMAH ANAK SMP NEGERI 1 TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

  • Tis'a Nursya'bani universitas negeri surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat toleransi peserta didik di kelas inklusi SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik yang menempati kelas inklusi SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo sejumlah 124 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian yakni sebanyak 55 peserta didik dari kelas VIII-I, IX-D, IX-I dan IX-K yang diambil secara acak menggunakan teknik Probability: Proportionate Stratified Random Sampling dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket atau kuisioner melalui google form dan dibagikan secara online kepada responden. Penelitian ini dilandasi oleh teori karakter dari Thomas Lickona yang menyatakan bahwa terdapat tiga komponen pembentuk karakter yang saling berkaitan yakni pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling) dan tindakan moral (moral action). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 78% peserta didik di kelas inklusi SMP Negeri 1 Tulangan memiliki tingkat toleransi dengan kategori tinggi, 22% peserta didik memiliki tingkat toleransi dengan kategori sedang, dan tidak ada peserta didik yang memiliki tingkat toleransi dengan kategori rendah. Sehingga diperoleh rata-rata tingkat toleransi peserta didik di kelas inklusi tergolong kategori tinggi.

Kata Kunci: Toleransi, Kelas Inklusi, Peserta Didik.

  

Abstract

This study aims to describe the level of tolerance of students in the inclusion class SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo. This research uses a quantitative approach with a descriptive design. The population in this study were all 124 students who occupied the inclusion class SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo. The sample used in the study was 55 students from classes VIII-I, IX-D, IX-I and IX-K who were taken randomly using the Probability: Proportionate Stratified Random Sampling technique with an error rate of 5%. Data collection techniques are carried out using a questionnaire or questionnaire in the form of google form and distributed online to respondents. This research is based on the character theory of Thomas Lickona which states that there are three interrelated components of character building, namely moral knowing, moral feeling and moral action. The results showed that as many as 78% of students in the inclusion class of SMP Negeri 1 Tulangan had a high tolerance level, 22% of students had a moderate tolerance level, and none of the students had a low tolerance level. So that the average tolerance level of students in the inclusion class is classified as high category.

Keywords: Tolerance, Inclusion Class, Students.  

Published
2021-05-21
How to Cite
Nursya’bani, T., & Listyaningsih, L. (2021). TINGKAT TOLERANSI DI KELAS INKLUSI SEKOLAH RAMAH ANAK SMP NEGERI 1 TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(2), 263-278. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n2.p263-278
Abstract Views: 257
PDF Downloads: 321