PRAKTIK INTOLERANSI DAN KONSTRUKSI NILAI MORAL TERHADAP PEMENUHAN HAK-HAK KELOMPOK MINORITAS. (STUDI KASUS PELARANGAN KEGIATAN IBADAH RAYA HARI MINGGU GEREJA GSJA Godean LOCERET)

Praktik Intoleransi dan Konstruksi Nilai Moral

  • DICKY PUTRA PRATAMA Unesa
  • Warsono Warsono Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait dengan praktik intoleransi yang terjadi di Desa Godean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk yang disebabkan oleh konstruksi nilai moral yang menyimpang pada pelaku tindakan intoleransi. Penelitian ini menggunakan teori Berger yaitu Konstruksi Sosial. Praktik intoleransi dan konstruksi nilai moral terhadap pemenuhan hak-hak kelompok minoritas dianalisis menggunakan teori Konstruksi Sosial. Praktik intoleransi yang terjadi merupakan hasil dari konstruksi manusia, yang disebabkan oleh interaksi intens individu dengan orang-orang yang mendefinisikan hal-hal menyimpang sebagai suatu hal yang biasa atau bahkan positif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari satu orang perangkat desa dan 2 orang penduduk setempat dan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan praktik intoleransi yang terjadi di desa godean berupa pelarangan pendirian rumah ibadah dan pelarangan kegiatan ibadah dilatar belakangi oleh: pertama, adanya konstruksi nilai moral yang dibentuk oleh lingkungan yang sedikit menyimpang; kedua, masyarakat yang tidak memahami makna dari toleransi; ketiga; berkembangnya sentimen tentang kelompok lain yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

Kata Kunci: Intoleransi, Konstruksi, Nilai Moral

Published
2021-07-02
How to Cite
PRATAMA, D., & Warsono, W. (2021). PRAKTIK INTOLERANSI DAN KONSTRUKSI NILAI MORAL TERHADAP PEMENUHAN HAK-HAK KELOMPOK MINORITAS. (STUDI KASUS PELARANGAN KEGIATAN IBADAH RAYA HARI MINGGU GEREJA GSJA Godean LOCERET). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(2), 405-419. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n2.p405-419
Abstract Views: 424
PDF Downloads: 748