STRATEGI ORGANISASI PATROLI KETERTIBAN MADRASAH (PKM) DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA DI MAN 1 PASURUAN

Strategi Organisasi PKM dalam Menegakkan Kedisiplinan pada Siswa

  • Yenni Febrianti Unesa
  • Listyaningsih Listyaningsih Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi organisasi Patroli Ketertiban Madrasah (PKM) dalam menegakkan kedisiplinan pada siswa di MAN 1 Pasuruan. Fokus dalam penelitian ini yaitu strategi mendisiplinkan siswa. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori strategi perencanaan J. David Hunger dan Thomas L. Wheleen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian ini adalah  3 anggota organisasi PKM dan pembina organisasi PKM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur dan dokumentasi. Data wawancara akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi organisasi PKM dalam menegakkan kedisiplinan pada siswa yaitu patroli pagi, patroli kelas dan patroli pulang sekolah. Pelaksanaan strategi dengan cara anggota organisasi PKM menggunakan teguran untuk menegakkan kedisiplinan dalam menaati peraturan tata tertib dan sikap disiplin dapat tertanam dalam diri siswa agar menjadi suatu kebiasaan. Proses penegakan kedisiplinan pada siswa oleh organisasi PKM mempunyai beberapa hambatan seperti kelengkapan atribut dan ketepatan waktu. Upaya mengatasi hambatan dalam proses menegakkan kedisiplinan siswa yaitu dilakukan evaluasi strategi seperti pemeriksaan atribut siswa, penambahan waktu masuk sekolah agar keterlambatan berkurang dan dilakukan patroli pulang sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi organisasi PKM dalam menegakkan kedisiplinan pada siswa telah berhasil karena pelanggaran yang dilakukan siswa berkurang dan sikap disiplin menjadi suatu kebutuhan dalam diri siswa.

Kata Kunci: Strategi, Organisasi PKM, Menegakkan Kedisiplinan.

 

Abstract

The purpose of this study was to describe the organizational strategy of the Madrasah Order Patrol (PKM) in enforcing discipline on students at MAN 1 Pasuruan. The focus in this research is the strategy of disciplining students. The theoretical basis used in this research is the strategic planning theory of J. David Hunger and Thomas L. Wheleen. This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research. The informants of this research were 3 members of the PKM organization and the supervisor of the PKM organization. Data collection techniques in this study are structured interviews and documentation. Interview data will be analyzed by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the PKM organizational strategies in enforcing discipline on students are morning patrols, classroom patrols and school patrols. Implementation of the strategy by means of members of the PKM organization using reprimands to enforce discipline in obeying the rules of conduct and discipline can be embedded in students so that it becomes a habit. The process of enforcing discipline on students by PKM organizations has several obstacles such as completeness of attributes and timeliness. Efforts to overcome obstacles in the process of enforcing student discipline include evaluating strategies such as examining student attributes, increasing school entry time so that delays are reduced and patrols are carried out after school. This study shows that the PKM organizational strategy in enforcing discipline on students has been successful because the violations committed by students are reduced and discipline becomes a necessity in students.

Keywords: Strategy, PKM Organizational, Enforcing Discipline.



Published
2021-07-11
How to Cite
Febrianti, Y., & Listyaningsih, L. (2021). STRATEGI ORGANISASI PATROLI KETERTIBAN MADRASAH (PKM) DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA DI MAN 1 PASURUAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(3), 485-500. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n3.p485-500
Abstract Views: 208
PDF Downloads: 669