PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM “BIMBINGAN MENTAL PERILAKU” TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK ASUH DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA

  • Chusnul Fitria wati Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Maizul Habibah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan peneliti untuk menguji adanya Pengaruh Implementasi Program “Bimbingan Mental Perilaku” Terhadap Kedisiplinan Anak Asuh di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori belajar B.F Skinner (Operant Conditioning).  Metode penelitian menggunakan kuantitatif korelasional berlokasi di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya. Teknik sampling yang digunakan sampling jenuh dengan 29 responden dengan teknik analisis data Uji Parsial  (t) dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai t.hitung 7,371965923 > t.tabel 2,05 : sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data implementasi program “Bimbingan Mental Perilaku” di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya (79,6%) artinya kriteria penilaiannya termasuk kategori “baik” sedangkan untuk kedisiplinan anak asuh di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya (89,4%) kriteria penilaiannya termasuk kategori “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam implementasi program “Bimbingan Mental Perilaku” terhadap kedisiplinan anak asuh di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya bahwa semakin baik pelaksanaan program maka semakin baik kedisiplinan anak asuh di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya.

Kata Kunci: Implementasi, Kedisiplinan, Anak Asuh.

Abstract

The aim of the researcher was to examine the effect of the implementation of the "Bimbingan Mental Perilaku" Program on the Discipline of Foster Children at UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. The theory used is the learning theory of B.F Skinner (Operant Conditioning). The research method using correlational quantitative is located in the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) of Kampung Anak Negeri Surabaya. The sampling technique used is saturated sampling with 29 respondents with data analysis techniques Partial Test (t) with a significant level of 5%, the value of t.count is 7.371965923 > t.table 2.05: so H0 is rejected and Ha is accepted. Based on the results of data analysis on the implementation of the "Bimbingan Mental Perilaku" program at the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) of Kampung Anak Negeri Surabaya (79.6%), it means that the assessment criteria are in the "good" category, while for foster children's discipline in the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya (89.4%) the assessment criteria are in the "very good" category. It can be concluded that there is an influence in the implementation of the "Bimbingan Mental Perilaku" program on the discipline of foster children in the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) of Kampung Anak Negeri Surabaya that the better the implementation of the program, the better the discipline of foster children in the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) of Kampung Anak Negeri Surabaya.

Keywords: Implementation, Discipline, Foster Children.

References

Anggraini, Sivia dkk. 2019. Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 7 (3). Hal 221-229

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Komputer. Bandung: Rosdakarya.

Febianti, Yopi Nisa. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic. Vol. 6 (2). Hal 93-102

Gunawan, Imam. 2019. Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak.Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Imron, Ali. 2016. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kalimasada, Mas. Dinar. 2015. Pembinaan Anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kampung Anak Negeri Kota Surabaya. Jurnal Publika. Vol 3 (1). Hal 1-13.

Lickona, Thomas. 2012. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.

Mushin, Ali. 2020. Internalisasi Nilai Akhlakul Karimah Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Insania. Vol 25 (2). Hal 226-239

Mas’udi, Asy. 2000. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.

Narwanti, Sri. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media, anggota IKAPI.

Nelyahardi. 2017. Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 2 (2). Hal 202–218.

Nur, Anisah. 2020. Tanggapan Anak Terhadap Pembinaan Kedisiplinan Di Panti Asuhan Bina Remaja Budi Utama Lubuk Alung. Jurnal Halaqah. Vol 2 (2). Hal 145-157

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 61 Tahun 2012 Tentang Organisasi Unit Pelaksana Teknis Dinas Kampung Anak Negeri Pada Dinas Sosial Kota Surabaya.

Purwanti, Eka dkk. 2020. Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 5 (2). Hal 112-117

Purwanto, Ngalim. M. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, Puji. 2015. Pengembangan Buku Kendali Kedisiplinan Tata Tertib Siswa SD Negeri Triharjo Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiarini,Elizabeth Susi dan Salamah. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Program Pendamping Anak PPA Domby Kids Hope 2 Yogyakarta. Jurnal Sosialita. Vol. 11 (1). Hal 1-24

Setyawan. 2009. Dari Gerakan Kepanduan Ke Gerakan Pramuka. Jakarta: Pustaka Tunas media.

Shalahuddin, Mahfudh, dkk. 1987. Metodologi Pendidikan Agama. Surabaya: Bina Ilmu

Suarmin, Ni Luh. 2019. Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak-Anak Panti Asuhan Narayan Seva, Kerobokan, Buleleng, Bali Dalam Membangun Integrasi Sosial Di Kalangan Penghuni Panti Asuhan. Jurnal pendidikan sosiologi. Vol 1 (1). Hal 112-125

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Eko dan Mulyadi Sri Kamulyan. 2012. Inovasi Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS.

Suryani, Chanifah Ade. 2019. Strategi Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Asuh Di Panti Asuhan Al Amin Desa Munggusoyi Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol 7 (2). Hal 753-767

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Wahab, R. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wulansari, Ika dkk. 2018. Upaya Pengasuhan Dalam Membentuk Menerapkan Perilaku Disiplin Pada Anak (Studi Kasus Di Panti Asuhan Salib Putih Salatiga) Jurnal Satya Widya. Vol 34 (1). Hal 50-61

Published
2021-07-28
How to Cite
wati, C., & Habibah, S. (2021). PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM “BIMBINGAN MENTAL PERILAKU” TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK ASUH DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(1), 64-78. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n1.p64-78
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 210