PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM “BIMBINGAN MENTAL PERILAKU” TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK ASUH DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA

  • Chusnul Fitria wati Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Maizul Habibah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan peneliti untuk menguji adanya Pengaruh Implementasi Program “Bimbingan Mental Perilaku” Terhadap Kedisiplinan Anak Asuh di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori belajar B.F Skinner (Operant Conditioning).  Metode penelitian menggunakan kuantitatif korelasional berlokasi di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya. Teknik sampling yang digunakan sampling jenuh dengan 29 responden dengan teknik analisis data Uji Parsial  (t) dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai t.hitung 7,371965923 > t.tabel 2,05 : sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data implementasi program “Bimbingan Mental Perilaku” di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya (79,6%) artinya kriteria penilaiannya termasuk kategori “baik” sedangkan untuk kedisiplinan anak asuh di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya (89,4%) kriteria penilaiannya termasuk kategori “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam implementasi program “Bimbingan Mental Perilaku” terhadap kedisiplinan anak asuh di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya bahwa semakin baik pelaksanaan program maka semakin baik kedisiplinan anak asuh di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya.

Kata Kunci: Implementasi, Kedisiplinan, Anak Asuh.

Abstract

The aim of the researcher was to examine the effect of the implementation of the "Bimbingan Mental Perilaku" Program on the Discipline of Foster Children at UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. The theory used is the learning theory of B.F Skinner (Operant Conditioning). The research method using correlational quantitative is located in the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) of Kampung Anak Negeri Surabaya. The sampling technique used is saturated sampling with 29 respondents with data analysis techniques Partial Test (t) with a significant level of 5%, the value of t.count is 7.371965923 > t.table 2.05: so H0 is rejected and Ha is accepted. Based on the results of data analysis on the implementation of the "Bimbingan Mental Perilaku" program at the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) of Kampung Anak Negeri Surabaya (79.6%), it means that the assessment criteria are in the "good" category, while for foster children's discipline in the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya (89.4%) the assessment criteria are in the "very good" category. It can be concluded that there is an influence in the implementation of the "Bimbingan Mental Perilaku" program on the discipline of foster children in the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) of Kampung Anak Negeri Surabaya that the better the implementation of the program, the better the discipline of foster children in the Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) of Kampung Anak Negeri Surabaya.

Keywords: Implementation, Discipline, Foster Children.

Published
2021-07-28