IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DIGITAL CITIZENSHIP DALAM MEMBENTUK GOOD DIGITAL CITIZEN PADA SISWA SMA LABSCHOOL UNESA

Implementasi Pendidikan Digital Citizenship di SMA Labschool UNESA

  • Eva Maulana Putri UNESA
  • Rr. Nanik Setyowati UNESA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Pendidikan Digital Citizenship dalam membentuk good digital citizen pada siswa SMA Labschool UNESA, Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar behaviorisme oleh BF Skinner. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Labschool UNESA sudah mengimplementasikan Pendidikan Digital Citizenship ditunjukkan dengan pemberian fasilitas berupa kemudahan akeses internet di sekolah atau digital accsess. Pengintegrasian nilai-nilai digital citizenship dalam peraturan dan program sekolah dalam mewujudakan digital right and responsibility yaitu segala bentuk penyalahgunaan teknologi yang dilakukan oleh siswa akan ditindak oleh sekolah melalui wali kelas, guru BK, dan tim tata tertib sekolah, ada juga kegiatan sidak akademik, pekan literasi. Kemudian pemberian pemahaman tentang digital etiquette diberikan melalui pembelajaran PPKn dan TIK. Pada pembelajaran PPKn terfokus pada pembentukan nilai, moral dan karakter siswa, sedangkan pada pembelajaran TIK terfokus pada pemberian teori dan ketrampilan IT, serta adanya kegiatan sosialisasi terkait sistem pembelajaran, peratuaran dan program sekolah dan sosialisasi tentang pemanfaatan teknologi dan dampak dari kemajuan teknologi yang ada dimana setiap tahun mengangkat tema atau permasalahan yang berbeda dari sekolah kepada seluruh siswa dan orang tua.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Digital Citizenship, Good digital citizen.

  

This study aims to describe the implementation of Digital Citizenship Education in forming good digital citizens for students at SMA Labschool UNESA, Surabaya. The theory used in this study is the learning theory of behaviorism by BF Skinner. This study uses a qualitative approach with descriptive research type, and data collection techniques used are interviews and documentation. The results of this study indicate that SMA Labschool UNESA has implemented Digital Citizenship Education as indicated by the provision of facilities in the form of easy internet access at school or digital access. The integration of digital citizenship values ​​into school regulations and programs in realizing digital rights and responsibility, namely all forms of technology abuse committed by students will be dealt with by the school through homeroom teachers, BK teachers, and the school discipline team, there are also academic inspection activities, weekends literacy. Then the understanding of digital etiquette is given through Civics and ICT learning. Civics learning focuses on the formation of student values, morals and character, while ICT learning focuses on providing IT theory and skills, as well as socialization activities related to learning systems, regulations and school programs and socialization about the use of technology and the impact of existing technological advances. each year raises a different theme or problem from the school to all students and parents.

Keywords:  Implementation, Digital citizenship education, Good digital citizen

Published
2021-07-13
How to Cite
Putri, E., & Setyowati, R. N. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DIGITAL CITIZENSHIP DALAM MEMBENTUK GOOD DIGITAL CITIZEN PADA SISWA SMA LABSCHOOL UNESA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(3), 580-594. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n3.p580-594
Abstract Views: 1545
PDF Downloads: 2580