TINGKAT PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DARING PPKN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SUKODONO SIDOARJO

Tingkat Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Daring

  • Lailatul Mukarromah Unesa
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran daring PPKn pada peserta didik di SMP Negeri 1 Sukodono Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A yang berjumlah 36 anak. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur pemahaman nilai-nilai Pancasila yang disampaikan kepada peserta didik dalam bentuk google form karena ditengah pandemi Covid-19. Penelitian ini didasarkan pada teori pemrosesan informasi yang dikemukakan oleh Robert Gagne. Dalam pembelajaran daring peserta didik tetap melakukan pemrosesan informasi berdasarkan materi yang diberikan oleh guru, melalui PPT, youtube, google classroom, zoom, dan google meet. Terdapat tiga tahapan dalam teori pemrosesan informasi antara lain register sensorik (sensory register), memori jangka pendek (short term memory), dan memori jangka panjang (long term memory). Selain itu, penelitian ini juga didasarkan pada teori kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget, yaitu tahap operasional formal. Tahap ini cocok untuk peserta didik Sekolah Menengah Pertama yang memiliki rentang usia 12-15 tahun. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata tingkat pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran daring PPKn peserta didik di SMP Negeri 1 Sukodono Sidoarjo dengan predikat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan rincian indikator 3.1.1 menjelaskan arti kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia memiliki persentase sebesar 78%, dengan predikat tinggi. Indikator 3.1.2 mendeskripsikan makna Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup mempunyai persentase sebesar 80% dengan predikat tinggi. Indikator 3.1.3 menguraikan pentingnya kedudukan dan fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara memiliki persentase sebesar 82% dengan predikat sangat tinggi.

Kata Kunci: Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila, Pembelajaran Daring.

 This study aims to determine the level of understanding of Pancasila values in online Civics learning for students at SMP Negeri 1 Sukodono Sidoarjo. The type of research conducted was descriptive quantitative. The sampling technique in this study used a simple random sampling technique. The sample used in this study was class VIII-A, totaling 36 students. In this study, the data collection technique used a test to measure the understanding of Pancasila values ​​conveyed to students in the form of a google form because in the midst of the Covid-19 pandemic. This research is based on the information processing theory proposed by Robert Gagne. In online learning, students continue to process information based on the material provided by the teacher through PPT, youtube, google classroom, zoom, and google meet. There are three stages in the theory of information processing, including sensory registers, short term memory, and long term memory. In addition, this research is also based on the cognitive theory proposed by Jean Piaget, namely the formal operational stage. This stage is suitable for junior high school students with an age range of 12-15 years. Based on the results of the research, it is known that the average level of understanding of Pancasila values in online Civics learning for students at SMP Negeri 1 Sukodono Sidoarjo is high. This is evidenced by the details of indicator 3.1.1 explaining the meaning of the position and function of Pancasila for the nation and state, Indonesia has a percentage of 78%, with a high predicate. Indicator 3.1.2 describes the meaning of Pancasila as the basis of the state and the view of life has a percentage of 80% with a high predicate. Indicator 3.1.3 describes the importance of the position and function of Pancasila in the life of the state which has a percentage of 82% with a very high predicate.

Keywords: Understanding Pancasila Values, Online Learning.

Published
2021-07-19
How to Cite
Mukarromah, L., & Listyaningsih, L. (2021). TINGKAT PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DARING PPKN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SUKODONO SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(3), 689-703. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n3.p689-703
Abstract Views: 600
PDF Downloads: 1001