MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG BERPERILAKU MENYONTEK DI SMA B LAMONGAN

Motivasi Belajar Peserta Didik Yang Berperilaku Menyontek

  • Lia Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui motivasi belajar peserta didik yang memiliki perilaku menyontek di SMA B Lamongan. Apa yang membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran namun ketika mengerjakan tugas maupun ujian melakukan kegiatan menyontek. Fokus penelitian adalah motivasi belajar peserta didik berperilaku menyontek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah enam peserta didik SMA B Lamongan yang berasal dari kelas X, XI, XII dan dari jurusan IPA maupun IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif analisis Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teori pengkondisian operan Burhus Frederch Skinner. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik yang berperilaku menyontek di SMA B Lamongan berasal dari motivasi ekstrinsik berupa penghargaan dalam belajar yang diberikan oleh guru. Penghargaan tersebut berupa hadiah seperti uang dan pulsa, poin yang diakumulasi yang nantinya dapat digunakan untuk menghindari ulangan harian selanjutnya, serta bonus nilai yang dapat digunakan untuk tambahan nilai dalam perebutan peringkat kelas. Disisi lain terdapat konsekuensi yang menyumbang motivasi belajar peserta didik yaitu membeli alat kelas dan melakukan hafalan apabila mendapatkan nilai rendah. Sedangkan pada motivasi ekstrinsik berupa kondisi lingkungan belajar tidak menjadi salah satu penyebab dalam motivasi belajar.

References

Ahmad, Muhammad Furqanullah. 2018. Penerapan Teori Belajar Operant Conditioning Melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA MAN 1 Makassar. Thesis. Makassar: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alaudin Makassar.

Anderman, Eric M., and Tamera B. Murdock. 2007. The Psychology Of Academic Cheating. New York: Academic Press. Inc. Hal 44-68.

Andiwatir, Alexius, dan Aliyil Khakim. 2019. Analisis Perilaku Menyontek Dan Rancangan Perubahannya Pada Siswa SMP (Analysis of Cheating Behavior and Change Design in Junior High School Students). Jurnal Psikologi Ilmiah 11(2): 88–97.

Andriani, Rike, dan Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1):80–86.

Angelia, Inge. 2019. Menyontek Sebagai Bagian Dari Dekadensi Moral Bangsa. Journal of Civic Education 2(2): 120–25.

Brandes, B. 1986. Academic Honesty: A Special Study Of California Student, Sacramento: California State

Departement Of Education. New York: Bureau of Publication; Girl Scouts Of The United States Of America.

Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating for Character). Al-Ulum 14(1) :269–88.

Detiknews. 2019. Sebanyak 126 Siswa SMA Curang Pada UNBK 2019, Kemendikbud: Otomatis Nilai Nol. https://detik.news.com/berita/d-4539843/126-siswa-curang-saat-unbk-2019-kemendikbud-otomatis-nilai-nol. Diakses 20 Oktober 2020.

Detiknews. 2016. Siswa SMA Yogya Laporkan Aksi Nyontek Massal Di Grub Line Ke Ombudsman. https://new.detik.com/berita/d-3182432/siswa-sma-yogya-laporkan-aksi-nyontek-massal-di-grub-line-ke-omnibudsman. Diakses 20 Oktober 2020.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal 5(2): 93–196.

Ernata, Yusvidha. 2017. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD 5(2): 781–790.

Fathurahman, Muhammad, and Sulistyorini. 2012. Belajar Dan Pelajaran Meningkatkan Mutu Pelajaran Sesuai Standart Nasional. Yogyakarta: Teras.

Friyatmi. 2011. Faktor-Faktor Penentu Perilaku Mencontek Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP. Tingkap VII(2): 173–88.

Hamalik. 2011. , 2011, Kurikulum Dan Pembelajaran . (Jakarta : ). Jakarta: Bumi Aksara. Hal 155

Hartanto, Dody. 2012. Menyontek: Mengungkap Akar Masalah Dan Solusinya. Indeks.

Hartosujono. 2015. Perilaku Mnyontek Pada Remaja.” Jurnal Psikologi 11: 12–19.

Jamil, Husna, and Fefri Indra Azra. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Solok Selatan. Economica 2(2): 85–98.

Jannah, Raudlatul. 2017. Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School 1(1): 47.

Julia, Putry, and Ati. 2019. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Dan Kejujuran Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan 3(2): 112–22.

Lussianda, Erfa Okta. 2016. Analisis Dimensi Yang Membentuk Motivasi Siswa Dalam Belajar. Curricula Journal of Teaching and Learning 1(3): 1–10.

Mahmudi, Muhammad. 2016. Penerapan Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab ( Kajian Terhadap Pemikiran Bf . Skinner ). Pp. 429–35 in Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 11. Malang.

Masni, Harbeng. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi. Dikdaya: Jakarta

Monika, and Adman. 2017. Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2(2): 109.

Nahar, Novi Irwan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1:70.

Nugroho, Gusti. 2020. Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SDN16 / II Sepunggur. Integrated Science Education Journal (ISEJ) 1(2):1–5.

Rahmawati, dkk. 2015. Perilaku Menyontek Ditinjau dari Orientasi Tujuan. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis 1(1): 70-80

Salamor, and M. Jenny. 2017. Hubungan Antara Pemberian Reward Dari Guru Dengan Motivasi Berprestasi Di SMA Kristen Halmahera Utara. Jurnal Hibualamo 1(1):25.

Sanyata, Sigit. 2012. Teori Dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik Dalam Konseling. Jurnal Paradigma 7(14):5.

Saputra, Hendra Dani, Faisal Ismet, and Andrizal. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18(1):25–30.

Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Singh, A. K., S. Srivastava, and D. Singh. 2015. Student Engagement as the Predictor of Direct and Indirect Learning Outcomes in the Management Education Context. Metamorphosis: A Journal of Management Research 14(2):20–29.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sukaesih. 2018. Permasalahan Plagiarisme Dalam Penelitian Kualitatif Di Indonesia. Jurnal Politikom Indonesiana 3(1):210–18.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno . 18(106):1–12.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori Dnn Aplilasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suranto. 2015. Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan Dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Sma Khusus Putri Sma Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 25(2):11–19.

Uno, Hamza B. 2007. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung:Anugrah Utama Raharjaahmad

Published
2021-07-29
How to Cite
Damayanti, L., & Harmanto, H. (2021). MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG BERPERILAKU MENYONTEK DI SMA B LAMONGAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(1), 99-113. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n1.p99-113
Abstract Views: 377
PDF Downloads: 573