Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Menggunakan Model Probing Prombting Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di SMP NEGERI 5 GRESIK

Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Menggunakan Model Probing Prombting

  • Ahmad Nashrudin Fahmi Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sistem pendidikan Nasional yang diterapkan di Indonesia salah satunya berorientasi pada nilai. Banyaknya tenaga pendidik yang menerapkan metode ceramah sebagai model pembelajaran, berakibat kurangnya pemahaman siswadalam menyerap pembelajaran dengan baik. Dalam penelitian berikut memiliki tujuan guna mengetahui penerapan pembelajaran PPKn memakai model pembelajaran ProbingPrombting guna memberikanpeningkatanakan berpikir kritis siswa di SMPN 5 Gresik. Metode penelitian yang dipakaiyakni penelitian tindakan kelas, melaluipenggunaan metode survey deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanyamelaluipenggunaan model pembelajaran ProbingPrombting terbukti mampumemberikanpeningkatan pada berpikir kritis siswa di SMPN 5 Gresik. Karena melaluipenggunaan model pembelajaran tersebut peserta didik menjadi lebih mudah untuk menyerap pembelajaran dan lebih fokus untuk menerima pembelajaran PPKn yang berisi tentang sejarah terbentuknya negara Indonesia, aturan yang ada di Indonesia serta nilai dan norma yang ada di Indonesia.

Kata Kunci: Pembelajaran, ProbingPrombting, Berpikir Kritis

One of the national education systems implemented in Indonesia is value-oriented. The number of educators who use the lecture method as a learning model, results in a lack of student understanding in absorbing learning well. This study aims to determine the application of Civics learning using the Probing Probing learning model in order to improve students' critical thinking at SMPN 5 Gresik. The research method used is classroom action research, using a descriptive survey method through a quantitative approach. The results showed that using the Probing Prombting learning model was proven to improve students' critical thinking at SMPN 5 Gresik. Because by using this learning model, students become easier to absorb learning and are more focused on accepting Civics learning which contains the history of the formation of the Indonesian state, the rules that exist in Indonesia and the values ​​and norms that exist in Indonesia.

Keywords:Learning, Probing Prombting, Critical Thinking

References

Anas, Sudijono 2006, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asma, Nurul 2020, Skripsi: Penerapan Pendekatan Probing Promting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Kelas V Min 1 Simeulue, Banda Aceh: UIN AR-Raniry.

Azra, Azyumardi 2000, Demokrasi, Hak Asasi Manusia Dan Masyarakat Madani, Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cholisin 2000, Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan Kewarganegaraan Yogyakrta: UNY.

Darmi, Suci 2019, Skripsi: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang, Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Esa Susanti, dkk 2017, Skripsi: Penerapan Model Probing Promting Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negri 1 Muara Kelingi Tahun Pelajaran 2016/2017, Lubuklinggau: STKIP-PGRA.

Hamalik Oemar 2000, Proses BelajarMengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik Oemar 2007, Metode Belajar Dan Kesulitan-KesulitanBelajar, Bandung: Tarsito.

Hamdani 2011, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda Miftahul 2013, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kunandar 2008, Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: GrafindoPersada.

M. Fahris Fajar A dan Puput Wanarti R 2014, Pengaruh Metode Pembelajaran tanya jawab Pobing Promting terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar Dasar Elektronik Kelas X di SMK N 2 Surabaya. Volume 3.

Muhibbin Syah 2008, Pisikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Jakarta: Rineka Cipta.

Nini Subini 2011, Rahasia Gaya Belajar Orang Besar, Jogjakarta: Javalitera.

Rosma Hartinisam’s 2005, model penelitian tindakan kelas: teknik bermain konstruktif untuk peningkatan hasil belajar matematika, Yogyakarta: teras.

Siregar Lukman Hakimi, dkk 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Stabat, volume 2.

Sugiyono 2004, Metode Penelitian Komulatif dan R & D, Bandung: CV Alfabeta.

Suharmi Arikunto 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Pt Bumi Aksara. Slameto 2010, belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suherman, dkk 2001, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Sitti Mutmainnah, Dkk, Penerapan Teknik Probing Peomting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negri 1 Banawah Tengah, jurnal Pendidikan Fisika, Vol 2, No. 1, ISSN 2338 3240 Hal 40

Wilis Dahar Ratna 2011, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, jakarta: Erlangga.

Zainal Aqib dan M. Maftuh 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya.

Published
2021-09-10
How to Cite
Fahmi, A., & Harmanto, H. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Menggunakan Model Probing Prombting Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di SMP NEGERI 5 GRESIK. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 289-303. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p289-303
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 262