PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI DUSUN WINONG KABUPATEN NGAWI

Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Anak Pada Pembelajaran Daring

  • Yuni Trisnawati Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Suwanda Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab anak pada pembelajaran daring di dusun Winong desa Kedunggalar kecamatan Kedunggalar kabupaten Ngawi. Ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini mengambil lima informan yaitu orang tua yang memiliki anak berusia 13-15 tahun dan masih duduk di bangku SMP dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam menganalisis adalah teori peran (Role Theory) yang dikemukanan oleh Biddle dan Thomas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab anak pada pembelajaran daring yaitu: (a) peran orang tua sebagai pengasuh dan pendidik dapat dicapai dengan pengaturan hubungan baik antara orang tua dan anak serta pemberian perhatian lebih untuk menemukan minat dan bakat yang dimiliki oleh anak; (b) peran orang tua sebagai pembimbing dengan cara pemberian bantuan kepada anak pada saat mengalami kesulitan dalam belajar; (c) peran orang tua sebagai motivator dengan pemberian dukungan akan pentingnya belajar agar anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar; (d) dan peran orang tua sebagai fasilitator dengan pemenuhan alat dan kebutuhan belajar anak seperti laptop, hp, dan kuota internet.

Kata kunci : peran orang tua, tanggung jawab, pembelajaran daring

References

Anisah, Ani Siti. 2017. Pola Asuh Orang tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 1 No. 1. Hal.70-84

Arifin, M. 2005. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang

Arifin. 1992. Pokok-pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Bulan Bintang

Budiarto, Rahmat Ageng dan Alamsyah Taher. 2018. Peran ganda istri sebagai pekerja buruh sawit terhadap perkembangan hubungan sosial anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. Vol. 3 No. 2. Hal.54-67

Fitriastuti, Wahyu. 2014. Peningkatan Sikap kerja Keras dan tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Course Review Horay. Skripsi: FKIP, Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamzah. B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, RI. 2020. Surat Edaran No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona Disease Covid 19: Jakarta

Maunah, Binti. 2015. Implementasi Pendidikan karakter dalam pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal pendidikan Karakter. Vol. V No. 1. Hal.90-101

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 1999. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UPREES

Moleong, L. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Nugraheny, A. Riska. 2020. Peran Teknologi guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Osf.io.

Pasani, C. Faif. Sumartono., dan Heza Sridevi. 2016. Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 2. Hal.1-10

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung

Purandina, I Putu Yoga dan I Made Astra Winaya. 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 No. 2. Hal.270-290

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Vol. 2 No. 1. Hal.1-12

Putro, Khamim Zarkasih dkk. 2020. Pola Interaksi Anak dan Orang tua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE) Vol. 1 No. 1. Hal. 124-140

Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Sobri, Muhammad. Nursaptini., dan Setiani Novitasari. 2020. Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol. 1 Hal. 64-71

Sugihantono, Anung dkk. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disesase (covid-19) Revisi ke-5. Kementrian Kesehatan RI. Hal.17

Suhada, Idad. 2016. Psikologi perkembangan anak usia dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi pendidikan. Jakarta: Grafindo Perkasa

Syarifudin, Albitar. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5 No. 1. Hal.31-34

Umar, Munirwan. 2015. Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi. Vol. 1 No. 1. Hal.20-28

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional (Sisdiknas).

Wilson, Agus. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Daring (online) melalui Aplikasi berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Vol. 5 No. 1. Hal.66-72

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2021-09-06
How to Cite
Trisnawati, Y., & Suwanda, I. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI DUSUN WINONG KABUPATEN NGAWI. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 274-288. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p274-288
Abstract Views: 430
PDF Downloads: 391