STRATEGI SEKOLAH DALAM PENERAPAN NILAI RELIGIUS DAN TANGGUNG JAWAB DI MAN SIDOARJO

Penerapan Nilai Religius dan Tanggung Jawab

  • Viochita Navyanda Rindianingkasih Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penerapan nilai karakter sangat penting bagi generasi penerus bangsa karena nilai menjadi suatu hal yang dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari dan nilai karakter dapat mempengaruhi tindakan seseorang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi sekolah dalam penerapan nilai religius dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam penerapan nilai religius dan tanggung jawab di MAN Sidoarjo, mendeskripsikan daya dukung yang dimiliki oleh sekolah dalam membentuk karakter religius dan tanggung jawab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori belajar Albert Bandura (1997) yang terdiri atas fase attention, retension, reproduction dan motivasion. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya penerapan nilai religius dan tanggung jawab di MAN Sidoarjo menggunakan teknik modeling yang diterapkan dalam program sekolah dan program pembinaan. Program sekolah meliputi program BTQ, tahfidz qur’an dan boarding school. Tujuan penerapan nilai religius di MAN Sidoarjo sebagai bentuk pendidikan karakter yang diupayakan oleh sekolah agar peserta didik dapat membentengi diri dengan ilmu agama, karena semakin hari jaman akan semakin berkembang sehingga segala informasi dan budaya dapat masuk di Indonesia secara bebas, sedangkan nilai tanggung jawab diterapkan untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal. 85

Anita, Woolfolk. 2009. Educational Psyhology Active Learning Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik edisi revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Badudu dan Zain, Sutan. 2010. Efektifitas Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bandura, A. 1997. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. freeman and Company Dalimunthe.

Elfindri. 2012. Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Hollingsworth., Lewis, G. 2008. Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Lexy, Moloeng. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Momon. 2016. Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung jawab. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 3(4). Hal 1311-1325.

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Pupuh, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Reza, Abdillah. 2015. Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Smpn 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 3(4). Hal 102-111.

Rifa’i. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural dalam Membentuk Insan Kamil. Surabaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 4(1). Hal 118 - 133

Rifayanti, Rina. 2018. Peran Role Model dalam Membentuk Perilaku Pro-Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi. 7(2). Hal 12-23

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran: Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional edisi revisi I. Jakarta: PT Reneka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sarwono, Sarlito. 2013. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru : Konsep, Strategi dan Implementasinya. Jakarta : Kencana.

Uno, Hamzah. 2008. Orentasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. ISBN 979-526-242-4

Yanto, Murni. 2017. Penerapan Teori Sosial dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 4(2). Hal 65-85.

Yanuardianto, Elga. 2019. Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (1997) studi krisis dalam menjawab problem pembelajaran di MI. Jurnal Auladuna. 1(2). Hal 96.

Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Gavin Kalam Utama. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Published
2021-09-13
How to Cite
Rindianingkasih, V., & Harmanto, H. (2021). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENERAPAN NILAI RELIGIUS DAN TANGGUNG JAWAB DI MAN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 349-366. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p349-366
Abstract Views: 322
PDF Downloads: 259