Strategi Kepala Desa Karangagung Dalam Melakukan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengelolaan Alun-Alun

Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

  • Siska Ulfatin Nada Universitas Negeri Surabaya
  • Maya Mustika Kartika Sari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Desa Karangagung merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Secara geografis Desa Karangagung berbatasan langsung dengan pantai utara sehingga mayoritas masyarakat desa bekerja sebagai nelayan. Masih banyak dari masyarakat Desa Karangagung memiliki kesejahteraan rendah karena menggangtungkan hidupnya dari hasil laut yang tidak pasti, karena itu pemerintah desa berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah Desa melalui pengelolaan alun-alun bertujuan agar masyarakat mampu mengembangkan potensi dirinya dalam berdagang, serta berdaya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Kepala Desa Karangagung dalam melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan alun-alun, serta mendeskripsikan dukungan masyarakat terhadap program pemberdayaan yang dilakukan oleh Kepala Desa Karangagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskpriptif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Subyek penelitian adalah Kepala Desa Karangagung, perangkat desa, dan staff Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebagai informan pendukung. Hasil temuan dalam penelitian memperlihatkan strategi Kepala Desa Karangagung dalam melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat diantaranya, pengelolaan alun-alun oleh BUMDES Bahari Sejahtera, pembentukan pengurus serta penyediaan tempat pemberdayaan, perencanaan program melalui musyawarah dengan masyarakat, penyuluhan terhadap target pemberdayaan mengenai pegelolaan ruko, implementasi program pemberdayaan dan evaluasi setiap minggu. Dukungan masyarakat terhadap program pemberdayaan yang dilakukan oleh kepala desa dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias dengan program tersebut, hal ini dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam mengikuti program, selain itu dari data yang didapat dari kantor Desa Karangagung terdapat 90% masyarakat turut serta dalam musyawarah terkait pembangunan dan perencanaan program yang ada di alun-alun desa.

Karangagung Village is one of the villages in Tuban Regency, East Java Province. Geographically, Karangagung Village is directly adjacent to the north coast so that the majority of the villagers work as fishermen. There are still many of the people of Karangagung Village who have low welfare because they depend on their lives from uncertain marine products, therefore the village government seeks to improve community welfare through community economic empowerment programs. The empowerment carried out by the village government through the management of the square aims to make the community able to develop their potential in trading, and empower themselves to fulfill their needs. This study aims to describe the strategy of the Karangagung Village Head in empowering the community's economy through the management of the square, and to describe the community's support for the empowerment program carried out by the Karangagung Village Head. The approach used in this research is descriptive qualitative. Data obtained through observation and interviews. The research subjects were the Head of Karangagung Village and one of the staff of the Village Owned Enterprise (BUMDES). The findings in the study show the strategies of the Karangagung Village Head in empowering the community's economy including, the management of the square by BUMDES Bahari Sejahtera, the formation of administrators and the provision of empowerment places, program planning through consultation with the community, counseling on empowerment targets regarding shophouse management, implementation of empowerment programs. and evaluation every week. Community support for the empowerment program carried out by the village head in this study shows that the community is very enthusiastic about the program, this can be seen from the community's participation in participating in the program. deliberations related to the development and planning of existing programs in the village square.

References

Amanda, H. W. 2015. Strategi Pembangunan Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Melalui Badan Usaha Miliki Desa (BUMDES). (Studi Pada Badan Pengelola Air Minum) (BPAM) Di Desa Ketapanrame Trawas Kabupaten Mojokerto). Jurnal Publika. Vol 3 (5). Hal 9.

Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Prenada Media Grup, 2009.

Damsar, Sosiologi Ekonomi Jakarta: Prenada Media Group, 2011.

Edi Suharto, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial, Bandung: PT. Revika Aditama, 2005.

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cet- 14, Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 1997.

Ginanjar Kartasasmita, Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembangunan yang Berakar pada Masyarakat, Jakarta: Bappenas.1996.

Glueck, W.F. dan Lawrence, R.J. 1989. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Ketiga. Terjemahan Murad dan Henry Sitanggang. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hamdar Arraiyyah, Meneropong Fenomena Kemiskinan: Telaah Perspektif AlQur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Jafar Hafsah, Pengentasan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat, Bandung: Iri Pres, 2006.

J. Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Kapita, F., Kaawoan, J. E., Lengkon, J. P. 2017. Peran Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Suatu Studi Di Desa Wayafli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur). Jurnal Eksekutif. Vol 1. Hal 4-6.

Kunto, Haryoto. 1984. Waja Bandoeng Tempo Doeloe. Granesia.

Kusuma, E. 2019. Peranan Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Peningkatan Ekonomi Desa Bringin Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. (Doctoral Dissertation, Universitas Bojonegoro).

K, Marrus. 2002. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Rajawali press: Jakarta

Maulana, M. 2019. Strategi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Tanjung Pasir Kuecamatan Kualuhu Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara, (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Moleong, L. J. 2009. Metode Penelitan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Najiati, Sri,dkk. 2005. Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor: wetlands Internasional.

Nasution, S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nasution, S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. 2008. Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 84 Tahun 2015 Tentang Struktur Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintahan Desa

Pranaka, Prijono Onny, Pemberdayaan Konsep Kebijakan dan Implementasi, Jakarta: CSIS.1996.

Sekaran, Uma, Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Soekanto, Soerjono. 1987. Sosial Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2006. Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Widjajanti, K. 2011. Model Pemberdayaan Masyarakat: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 12 (1). Hal 15-27

Susanti. W. D. 2015. Identifikasi Pemanfaatan Alun-alun Malang. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan. Vol 7 (2). Hal 28.

Zubaedi, Pengembangan Masyarakat Wacana & Praktis, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Published
2021-10-11
How to Cite
Nada, S., & Kartika Sari, M. (2021). Strategi Kepala Desa Karangagung Dalam Melakukan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengelolaan Alun-Alun. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 427-442. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p427-442
Abstract Views: 207
PDF Downloads: 144