Kompetensi Guru PPKn Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin dan Sopan Santun (Civic Teacher Competence In Developing Disciplined And Politeness Characters)

Kompetensi, Karakter, Guru, Pendidikan Kewarganegaraan (Competence, Character, Teacher, Civic Education)

  • Yanuar Adi Prakoso Universitas Negeri Surabaya
  • Rahmanu Wijaya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan dalam materinya memuat tentang pendidikan karakter yang bertujuan untuk mengembangkan siswa menjadi warga negara yang berkarakter sesuai Pancasila. Maka dari sini guru PPKn harus memiliki kompetensi dalam usaha mewujudkan itu semua. Kompetensi guru diartikan sebagai sebuah tugas profesionalitas yang harus dimiliki oleh guru dan didalamnya terdapat sebuah aturan bagaimana dan apa yang harus ada dalam diri seorang guru. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan keempat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru PPKn dengan menggunakan metode kajian pustaka atau literature review yang berisi mengenai teori-teori atau hasil penelitian terdahulu yang relevan. Selanjutnya setelah itu dilakukan proses mengkaji dan menganalisis konsep-konsep dan teori-teori berdasarkan sumber literatur yang diperoleh baik melalui jurnal, internet, ataupun website. Dapat disimpulkan bahwa karakter yang positif atau baik disini dimulai dari memahami informasi-informasi tentang kebaikan, kemudian membuat niatan untuk berbuat kebaikan, dan yang terakhir benar-benar berbuat (melakukan sebuah tindakan dan perilaku kebaikan). Selaras dengan yang dilakukan guru PPKn dalam usahanya mengembangkan keempat kompetensinya itu. Untuk menyukseskan itu semua baik dari karakter disiplin dan sopan santun, maka perlunya seorang guru PPKn untuk memiliki keempat pencapaian kompetensi sehingga ketika dalam meningkatkan mutu pendidikan bisa secara tepat dan efektif, serta dilakukan interaksi yang edukatif antara guru dengan siswa bertujuan agar dapat merubah perilaku siswa yang sebelumnya.

Civic education in its material contains character education which aims to develop students into citizens with character according to Pancasila. So from here PPKn teachers must have competence in an effort to make it all happen. Teacher competence is defined as a professional task that must be owned by a teacher and in it there are rules of how and what to have in a teacher. This article aims to describe the four competencies that must be possessed by a Civics teacher by using the literature review method or literature review which contains relevant theories or previous research results. After that, the process of reviewing and analyzing concepts and theories is carried out based on literature sources obtained either through journals, the internet, or websites. It can be concluded that a positive or good character here starts from understanding information about goodness, then makes an intention to do good, and finally actually does something (performs an act and behavior of kindness). In line with what the Civics teacher does in his efforts to develop the four competencies. To make it all successful, both from the character of discipline and courtesy, it is necessary for a Civics teacher to have the four competencies attainment so that when improving the quality of education it can be appropriate and effective, as well as educative interactions between teachers and students aimed at changing student behavior previously.

References

Ahmadi. 2020. Studi Tentang Penguasaan Kompoetensi Pedagogik Guru Pkn Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMA Negeri 1 Liukang Kalmas Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Hal 1-18.

Ainah, Sarbaini, Adawiah, Rabiatul. 2016. Strategi Guru Pkn Menanamkan Karakter Sopan Santun Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Banjarmasin. FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 6 No. 11. Hal 875-881.

Anita. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran STAD di Kelas V SDN 04 Tanjung Batu. CESSJ. Vol 3 No 1. Hal 17-25.

Asrudin, Muhammad., Samiruddin., Karsadi. 2017. Implementasi Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran PPkn di SMP Negeri Se-Kecamatan Siompu. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS. Vol 1 No 1. Hal 31-39.

Atmanegara, Reski., Ahmad, S.R.M. 2018. Pengaruh Penguasaan Materi Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 BANTAENG. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Hal 132-135.

Azhar, C.P. 2019. Hubungan Kesjahteraan Psikologis Dengan Kompetensi Guru Di Yayasan Haji Maksum Abidin Saleh Stabat. Jurnal Sintaksis. Vol 1 No 1. Hal 1-7.

Dwintari, W.J. 2017. Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 7 No 2. Hal 51-57.

Fauziah, Indah. 2021. Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik. OSF Preprints. Hal 1-8.

Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Hal 1-275.

Hartono. 2007. Sopan Santun Dalam Pergaulan. Bandung: CV Armico. Hal 1-138.

Hermansyah, UUS. 2019. Implementasi Metode Keteladanan Untuk Penanaman Akhlak Peserta Didik di Mts Kalipucang Pangandaran. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan, Islam Sains, Sosial, Dan Budaya. Vol 1 No 1. Hal 65-76.

Hurlock, E. B. 2012. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga. Hal 1-452.

https://www.liputan6.com/regional/read/4196475/kronologi-siswa-keroyok-guru-hingga-babak-belur-di-dalam-kelas (diakses tanggal 25 Februari 2021)

Ibrahim, Nurzengky. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 27 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi. Vol 16 No 2. Hal 46-74.

Juhardin, O. L., Irawaty., Momo, H.A. 2018. Kompetensi Sosial Guru PPKn di SMA Negeri 5 Wangi-Wangi. SELAMI IPS . Vol 4 No 48. Hal 324-335.

Kurniawan, Ade., Astuti, P.A. 2019. Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi. Hal 1-7.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara. Hal 1-632.

Listari, U., Sulistyarini, A., Atmaja S.T. 2019. PERANAN GURU PPKn DALAM MENERAPKAN DISIPLIN SISWA KELAS X SMA. FKIP UNTAN Pontianak. Hal 1-10.

Magdalena, Ina., Anggraini, TI., Salsabila, Selvina., Zahwa, Nabila. 2020. Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran PKN Di Sd Petukangan Utara 01. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 2 No 2. Hal 280-294.

Marijani, Anik. 2015. Peningkatan Kedisiplinan Tata Tertib Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Vol 1 No 2. Hal 7-11.

Masni., Asriadi., Muhammad. 2020. Studi Tentang Kompetensi Sosial Guru PKn di Madrasah Aliyah Ddi KANANG Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Media Elektrik. Vol. 18 No. 1. Hal 20-27.

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia. Hal 1-438.

Muliana, Hamzah. 2019. Melejitkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PPKn SMP di Kota Palu. Scolae: Journal of Pedagogy. Vol 1 No 1. Hal 198-209.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal 1-237.

Nasution, Rosliana., Setiawan, Deny. 2020. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Terhadap Minat Belajar Siswa. Educational Journal of Elementary School. Vol 1 No 3. Hal 59-64.

Oktavani, D.G., Erlinda, Sri., Gimin. 2017. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPKn Terhadap Perilaku Siswa SMA Negeri Di Kota Pekanbaru. Hal 1-13.

Pangalila, Theodorus. 2017. Peningkatan Civic Disposition Melalui Pembelajaran Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan UNLAM. Vol 7 No 1. Hal 91-103.

Pratiwi, U.V., Nofrahadi., Pendri, Apri., Komalasari, Dina., Sumarwati. 2021. PENILAIAN RANAH AFEKTIF DALAM BENTUK PENILAIAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TTW PADA SISWA SEKOLAH DASAR. GERAM. Vol 9 No 1. Hal 31-37.

Saihu, Marsiti. 2019. Pendidikan Karakter Dalam Upaya Menangkal Raddikalisme di SMA Negeri 3 Kota Depok. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen. Vol 1 No 1. Hal 23-54.

Siagian, R.J. 2020. Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Kewarganegaraan. FORUM PAEDAGOGIK. Vol 12 No 1. Hal 75-89.

Sugianto, Yoga. 2019. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPkn Terhadap Pembentukan Perilaku Sosial Peserta Didik. Other thesis, Institut Pendidikan Indonesia.

Sutrisno, A. N. D., Mahfud, H., Saputri, Y., D. 2021. Kompetensi Kepribadian Dan Sosial Guru Dalam Menerapkan Sikap Disiplin Peserta Didik Kelas I Pada Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Hal 1-6.

Tomayahu, Sulastri. 2014. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Bernain Peran Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Di Mts Al Huda Gorontalo.

UU No. 14 Tahun 2005, tentang “Guru dan Dosen.”

UU No. 20 tahun 2003, tentang “Sistem Pendidikan Nasional.”

Ulfah, Nufikha. 2018. Pengembangan Kompetensi Profesional Calon Guru PKn MI: Pemahaman tentang Paradigma Baru PPKn. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. Vol 4 No 1. Hal 49-64.

Widarwani., Mustaring., Kasmawati, A. 2021. Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru PPKn di SMA Negeri 8 Jeneponto Kabupaten Jeneponto. Hal 34-43.

Yuhasnil, Agusmardi, Y. 2021. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Sisa Studi Kasus Pada Siswa Yang Bermasalah. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education. Vol 1 No 2. Hal 58-68.

Yuliananingsih., Darmo, T. 2019. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan. Vol 17 No 1. Hal 57-67.

Yusuf, M, A. 2000. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Balai Aksara Edisi III. Hal 1-126.

Published
2021-10-14
How to Cite
Prakoso, Y., & Wijaya, R. (2021). Kompetensi Guru PPKn Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin dan Sopan Santun (Civic Teacher Competence In Developing Disciplined And Politeness Characters). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 459-475. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p459-475
Abstract Views: 461
PDF Downloads: 1297