PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI IPS MELALUI PEMBELAJARAN PPKn SECARA DARING DI SMA NEGERI 4 PROBOLINGGO

pembentukan karakter tanggung jawab

  • Sinta Meithia Nugraha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis proses pembentukan karakter tanggung jawab siswa melalui strategi pengetahuan moral sebagai informasi akademik siswa, strategi perasaan moral melalui kepekaan antarsesama, dan strateg tindakan moral siswa belajar dari kesalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu dua guru dan dua siswa di SMAN 4 Probolinggo dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik purposive. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilandasi oleh teori karakter Thomas Lickona yang menyatakan bahwa terdapat tiga komponen pembentukan karakter pada siswa yang saling berkaitan yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter tanggung jawab di SMAN 4 Probolinggo dapat dibentuk melalui; pengetahuan moral dengan penjelasan materi pembelajaran sebagai informasi akademik siswa dengan cara membangun lingkungan belajar yang kondusif dan pemahaman materi tugas siswa; Perasaan moral dengan kepekaan antarsesama dalam proses belajar mengajar dengan cara keaktifan siswa saat daring dan membangun rasa saling menghargai dengan menggunakan bahasa yang baik sehingga menimbulkan diskusi saat pembelajaran; sementara tindakan moral dengan membantu siswa belajar dari kesalahan dengan cara pemberian hukuman dan evaluasi diri saat daring.

Kata kunci : Karakter tanggung jawab, Pembelajaran, daring.

References

Anggraini, M. S. A., & Zulfiati, H. M. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan 3(3). Hal. 151-158.

Ardila, R., Nurhasanah, & Salimi, M. (2016). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1(2). Hal 79–85.

Ariyanto, R. D., Andrianie, S., Hanggara, G. S. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Kontribusi Restu Dwi Ariyanto. Prosiding Webinar Nasional Pendidikan. 1(1). Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hal. 128-135.

Asmani, J. M. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Azhar, & Achmad D. 2018. Penerapan Nilai-Nilai Moral dan Karakter dalam PPKn dI SMP Darul Hikmah Mataram. Jurnal Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. 6(1). Hal. 35-41. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i1.629

Cahyono, H. 2016. Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius. Jurnal Pendidikan. 1(2). Hal. 231–240.

Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Jurnal Al-Ulum. 14(1). Hal. 269–288.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis data. Jakarta: Rajawali Pers.

Intania, E.V., & Sutama. 2020. The role of character education in learning during the COVID-19 pandemic. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 13(2). Hal. 129–136.

Jannah, A. N., & Asrori. (2019). Implementasi Single Sex Education dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam. 8(2). Hal 21–31.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam books.

Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter (1th ed). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Luneto, B. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis IQ, EQ, SQ. Jurnal Irfani. 10(1). Hal. 131–144.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Permatasari, F. 2021 Implementasi Of Character Education During The Pandemic In TK Aisyiyah 1 Gurah Kediri. Journal Of Childhood Development. 1(1). Hal 1-9.

Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. 2019. Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan. 4(1). Hal. 19-32

Rahayu, R. 2016. Peningkatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang. 2(1). Hal. 97-103.

Santika, I.W.E. 2020. Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. Jurnal IVCEJ. 3(1). Hal.8-19.

Srigati, D. 2020. Membentuk Karakter Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan. 1(1). Hal.1-12

Sukmadinata, N.S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakary.

Tuharea, J., & Abdin, M. (2021). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter : Tantangan Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada Guru SMP PKn di Kota Ambon). Untirta Civic Education Journal (UCEJ). 6(1). Hal 28–39.

Uliana, P., & Setyowati, N. 2013. Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. 1(1). Hal 165–179.

Wardoyo, S. M. 2015. Pembelajaran Konstruktivisme dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Yin, R. K. 2009. Case Study in Research: Design and Methods (4rd ed). California: Sage Publication, Inc.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Published
2021-10-21
How to Cite
Nugraha, S. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI IPS MELALUI PEMBELAJARAN PPKn SECARA DARING DI SMA NEGERI 4 PROBOLINGGO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 523-539. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p523-539
Abstract Views: 373
PDF Downloads: 1271