IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH BERBASIS RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 2 TUBAN

IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH BERBASIS RAMAH ANAK

  • Selvi Putri Cornivia Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Suwanda Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi program sekolah berbasis ramah anak di SMP Negeri 2 Tuban. Teori yang digunakan ialah teori kebijakan model Elmore, teori ini menerangkan bahwa implementasi kebijakan pada prinsipnya didasarkan pada tahapan-tahapan : a) Mengidentifikasi jaringan aktor yang terlibat, b) tipe kebijkan publik yang mendorong masyarakat mengerjakan sendiri implementasi kebijakannya, atau masih melibatkan pemerintahan di level bawah, c) kebijakan dibuat sesuai dengan harapan (Kadji, 2015:61). Sementara itu, pendekatan yang digunakan dalam proses penelitian ialah pendekatan berbasis deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Informan pada penelitian ini yaitu Wakil kepala sekolah bidang humas,Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan Guru bimbingan konseling. Fokus penelitian yang diangkat adalah tentang perencanaan dan pelaksanaan program sekolah berbasis ramah anak di SMP Negeri 2 Tuban. Hasil penelitian menyatakan bahwa program sekolah berbasis ramah anak sudah diimplementasikan di SMP Negeri 2 Tuban. Implementasi program tersebut dalam tahap perencanaan meliputi Melakukan rapat dengan tim meliputi tim urusan dengan bapak ibu guru, Membentuk tim pelaksana Sekolah ramah anak untuk memudahkan koordinasi. Pada tahap pelaksanaan meliputi Melakukan kerja sama dengan pihak terkait misalnya dinas pendidikan, dinas sosial, dinas kesehatan, fasilitator yang faham akan sekolah ramah anak dan kerja sama antar sekolah, Pendidik dan tenaga kependidikan sudah terlatih hak anak dengan baik, Sekolah memiliki kebijakan anti kekerasan, Perbaikan sarana dan prasarana, Membentuk satgas sekolah ramah anak yang beranggotakan siswa di SMP Negeri 2 Tuban, Memfasilitasi perserta didik untuk mengembangkan bakat minat, Menerapkan displin positif, Menerapkan konsep BARIISAN (Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Asri, Nyaman).

Kata Kunci: Implementasi, SMP Negeri 2 Tuban, Sekolah Ramah Anak.

  

References

Akbarturrahman & Aziz, A. A. 2020. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembelajaran (Studi Kasus di MTsN 6 Jombang). Jurnal Manajemen dan Tarbiyatul Islam, 1(1): 100-106.

Amrullah, M. & Hikmah, K. 2019. Pendidikan Ramah Anak Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia (Child Friendly Education in Indonesia's National Education Standards). Jurnal Pendidikan, 8(1): 1-5.

Arbiani, E. M, dkk. 2017. Implementasi Kebijakan Penataan dan Pemerataan Berdasarkan Beban Kerja Guru SMA Negeri di Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2): 104-115.

Beny, S, dkk. 2020. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Batu. Jurnal, 10(1): 19-26.

Dewi, D. R. 2020. Analisis Siklus Kebijakan Sekolah Ramah Anak di MTSn 6 Sleman. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pengetahuan, 2(1): 1-18.

Hardini, M. O. W. 2019. Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMP Negeri 17 Kendari, Sulawesi Tenggara. Jurnal kebijakan pendidikan, 8(2): 174-181.

Kadji, Yulianto 2015. Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasii dalam Fakta Realitas. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Kurniyawan M. D, dkk. 2020. Manajemen Sekolah Ramah Anak. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2): 192-198.

Kusadaryani, Wiwik, dkk. 2016. Penguatan Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (1): 125-13.

Meleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Rangkuti, S & Maksum, I. R. 2019. Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 6 Depok. Jurnal Spirit Publik, 14(1): 37-55.

Ratna & Torro, S. 2019. Implementasi Sekolah Ramah Anak di SMAN 3 Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi. 111-116.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung.

Tresiana, dkk. 2018. Pelatian Mendesain Kebijakan dan Strategi Sekolah Ramah Anak Pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1): 41-48.

Utari, R. E. 2016. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 1 Tempuran Kabupaten Magelang. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(7): 69-70.

Wuryandani, W, dkk. 2018. Impelementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics : Media Kajian Warganegaraan, 15(1): 86-94.

Yosada, K. R. & Kurniati, A. 2019. Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkasa, 5(2): 145-154.

Zulyan. 2021. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak (Sra) Dalam Pencegahan Kekerasan Pada (Studi Kasus Di SMA Muhammaddiyah 4 Bengkulu). Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1): 70-81.

Published
2021-12-01
How to Cite
Cornivia, S., & Suwanda, I. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH BERBASIS RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 2 TUBAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 617-632. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p617-632
Abstract Views: 256
PDF Downloads: 233