PENGUATAN KARAKTER ANAK JALANAN: MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI DAPUR UMUM DI SANGGAR PUTRA BIMA BOJONEGORO

  • Didin Fatmawati Sukma Universitas Negeri Surabaya
  • Oksiana Jatiningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak jalanan tidak selalu menjadi anak yang liar dan egois. Dengan belajar mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter. Melalui Dapur umum, mereka diberi kesempatan untuk belajar bagaimana menjadi individu yang bermanfaat untuk orang lain. Dapur umum sengaja dirancang oleh sanggar untuk menumbuhkan kepedulian sosial terhadap sesama. Fenomena ini menarik untuk dikaji di tengah kesulitan hidup yang dihadapi, mereka diajak untuk memiliki sikap peduli kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya Sanggar Putra Bima dalam menumbuhkan karakter kepedulian sosial pada anak jalanan serta mengetahui gambaran karakter kepedulian sosial anak jalanan setelah mengikuti dapur umum. Teori yang digunakan penelitian ini adalah operant conditioning B.F. Skinner, menjelaskan bahwa terdapat Stimulus dan Respons dalam praktik pembentukan perilaku manusia. Penelitian dilaksanakan di terminal bus Rajekwesi Kabupaten Bojonegoro, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Informan penelitian ini ada tujuh orang dipilih secara purposive sampling. Fokus penelitian ini adalah upaya Sanggar Putra Bima dalam menguatkan karakter anak jalanan serta gambaran karakter kepedulian sosial anak jalanan setelah mengikuti dapur umum. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data, digunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penguatan karakter anak jalanan peduli sosial dilakukan dengan pengondisian perilaku negatif menjadi positif, membiasakan melakukan kegiatan sosial dan menolong sesama seperti dapur umum yang kegiatannya membagikan makanan, minuman, dan masker gratis. Penguatan persaudaraan dan persatuan melaui kegiatan sosial, melakukan kegiatan positif untuk menghilangkan citra negatif dan membangun citra positif diri.
Kata Kunci: anak jalanan, penguatan karakter, peduli sosial.

References

Abute, Erniawati La. 2019. Konsep Kesadaran Sosial dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol.3, no.2, hal.186-195.

Aisyah & M. Ali. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Anas, Salahudin & Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.

Armita, Pipin. 2016. Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan Dengan Teori Self Esteem. Jurnal PKS. Vol.15, no.4, hal 377-386.

Calvin S, Hall & Gardner Lindzey. 1997. Teori Sifat Dan Behavioristik (tej. A.Supratiknya), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneke Cipta.

Gultom, Delina. 2019. Strategi Komunitas Save Street Child Sidoarjo Dalam Pendidikan Anak Jalanan. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. Volume 07, no.01, hal 16-30.

Hasanah, Aan dan Sani I. M. 2019. “Penguatan Karakter Peduli Sosial melaui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XVI, No.1, hal. 161-06.

Hasanah, Aan. 2017. Pendidikan Karakter Berspektif Islam. Bandung: Insan Komika.

Kurniawati, F.E. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian. Vol. 9 No. 2. Hal 367-388.

Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, Tia, Damanhuri, Wika H. L. 2019. Peranan Karang Taruna Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Pemuda. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Vol.2, no.2, hal 112-124.

Puruhita, Adila Ayu. 2016. “Perilaku Sosial Anak-Anak Jalanan Di Kota Semarang.” Journal of education social studies JESS (2). e-ISSN 2502-4442. Hal 104-122.

Ramadhan, R. S. 2020. Pengaruh Reinforcemet Negatif Dan Positif Terhadap Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Servis Atas Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan. Vol.08, no.01, hal 301-305.

Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia No.35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Safura, Ovin Bella & Agus Purnomo. 2019. Peran Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dalam Mewujudkan Anak Jalanan Yang Berkarakter Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Journal of social science education. Vol.1, no.2, hal. 229-238.

Saihu. 2019. Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (studi di jembrana bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.08, no.01.

Samani, M & Hariyono. 2014. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Karya.

Sari, Tanti Rizkian, Dahlan, Muh. Mabrur Haslan. 2019. Implementasi Sikap Peduli Sosial Pada Masyarakat Dusun Bumi Permai Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. Vol.6, no.1, hal.67-76.

Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020. https://www.kpai.go.id. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2021.

Setiawatri, Novi & Aceng Kosasih. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Masyarakat Pluralis di Cigugur Kuningan. Jurnal pendidikan karakter . No.2, hal 179-191.

Skinner, B. F. 1953. Science and human behavior. Cambridge: Pearson Education (ISBN 0-02-929040-6) Online version http://www.bfskinner.org/books4sale.asp. Diunduh pada tanggal 30 Desember 2020.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Survei KPAI di Masa Pandemi: Anak Jalanan dan Anak dilacurkan Masih Tinggi. https://news.detik.com. Diakses pada Tanggal 20 Oktober 2021

Suyanto, Bagong. 2013. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibowo, A. 2017. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Published
2021-12-31
How to Cite
Sukma, D., & Jatiningsih, O. (2021). PENGUATAN KARAKTER ANAK JALANAN: MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI DAPUR UMUM DI SANGGAR PUTRA BIMA BOJONEGORO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 773-788. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p773-788
Abstract Views: 243
PDF Downloads: 429