PELAKSANAAN CHILD RIGHTS PROGRAMMING SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN TERHADAP HAK ANAK DAMPINGAN DI YAYASAN ALIT SURABAYA

Pelaksanaan Child Rights Programming Yayasan ALIT Surabaya

  • Nasihatul Mahmudah Universitas Negeri Surabaya
  • Rr. Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Perlindungan anak dapat dijadikan tolak ukur peradaban suatu bangsa. Demi kebaikan masa depan dan peradaban bangsa, perlu dilakukan usaha perlindungan anak sesuai dengan kemampuan masing-masing. Oleh sebab itu, perlindungan anak harus diusahakan dalam berbagai bidang kehidupan baik bernegara maupun bermasyarakat. Yayasan ALIT Surabaya dalam upaya mewujudkan perlindungan anak adalah melalui salah satu programnya bernama Child Rights Programming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dari Child Rights Programming sebagai upaya mewujudkan perlindungan terhadap hak anak dampingan di Yayasan ALIT Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan Merilee S. Grindle. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Child Rights Programming Yayasan ALIT Surabaya berlangsung dengan baik melalui beberapa proses atau tahapan, (1) Tahap pengorganisasian modul kegiatan (2) Tahap sosialisasi kegiatan dilakukan dengan reach out kepada target grup (3) Tahap pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan kegiatan edukasi dan pelatihan kepada target grup (4) Tahap monitoring dan evaluasi kegiatan dilakukan dengan intervensi kepada target grup dan evaluasi setelah kegiatan berlangsung. Yayasan ALIT Surabaya dapat merealisasikan Child Rights Programming melalui kegiatan edukasi dan pelatihan yang bertujuan untuk membantu anak dampingan memeroleh hak mereka diantaranya hak untuk mendapatkan perlindungan melalui pelatihan Perlina (Perlindungan Anak), hak untuk berpartisipasi melalui kegiatan Kelas Merdeka Belajar, hak untuk tumbuh dan berkembang melalui kegiatan pengembangan life skills serta minat bakat, dan hak untuk mendapatkan kelangsungan hidup melalui kegiatan forum orang tua anak dampingan.

Kata Kunci: Program Hak Anak, Perlindungan Anak, Anak Dampingan Yayasan Alit

Abstract

Child protection can be the benchmark for a nation’s civilization. For the good of the future and nation civilization, it is necessary to protect children according to their respective abilities. Therefore, child protection must work in various fields of life, both in the state and society. Surabaya ALIT Foundation’s effort to realize child protection is through a program called Child Rights Programming. This study aims to determine the implementation of the Child Rights Programming effort to obtain the protection rights of assisted children at the Surabaya ALIT Foundation. This research uses Merilee S. Grindle’s theory of policy implementation. The method in this study is a qualitative method with a descriptive approach. The results showed that the implementation of the Child Rights Programming of the Surabaya ALIT Foundation went well through several processes and stages, (1) The activity module organizing stage (2) The activity socialization phase was carried out by reaching out to the target group (3) The activity implementation phase was carried out with educational and training to the target group (4) The monitoring and evaluation phase of activities is carried out with intervention to the target group and evaluation after activity takes place. Surabaya ALIT foundation can realize Child Rights Programming through educational and training activities aimed at helping children obtain their rights include the right to protection through training of Perlina (Child Protection), the right to participate through Independent Learning Class activities, the right to grow and develop through life skills development activities and talent interests, and the right to survival through assisted children parents forum activities.

Keywords:  Child Rights Program, Child Protection, Alit Foundation’s assisted children 

 

References

Amalia. Wirda. 2014. Pelaksanaan Program Children Educational Support Dalam Mengurangi Prevalensi Anak Jalanan Oleh Yayasan Indonesia Street Children Organization (ISCO). Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial. Vol. 14 (1) : hal 1-19

Anjarsari, Santi dan Hartini, Sri. 2018. Upaya Pengelola Program Penguatan Keluarga SOS Children’s Villages Indonesia Dalam Mengurangi Jumlah Anak-Anak yang Rentan Terlantar. Jurnal Comm Edu. Vol. 1 (1) : hal 38-44

Astuti, Mulia dan Suhendi, Ahmad. 2014. Implementasi Kebijakan Kesejahteraan dan Perlindungan Anak. Jurnal Sosio Konsepsia. Vol. 4 (1) : hal 215-235

Dewi, Rosy. 2021. Catatan Hari Anak Nasional, Ada 5.436 Anak Alami Kekerasan Pada 2021, https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/23/204500965/catatan-hari-anak-nasional-ada-5.463-anak-alami-kekerasan-pada-2021 (diakses 23 Juli 2021)

Fajar, Ardiansyah. 2020. Kekerasan Anak dan Perempuan di Jatim, Surabaya Paling Banyak, https://jatim.idntimes.com/news/jatim/ardiansyah-fajar/kekerasan-perempuan-dan-anak-di-jatim-surabaya-paling-banyak (diakses 24 Juli 2021)

Fajaruddin. 2014. Perlindungan Hukum Terhadap Anak Korban Pornografi. Jurnal Varia Justicia. Vol. 10 (2) : hal 23-35

Fatimaningsih, Endry. 2015. Memahami Fungsi Keluarga Dalam Perlindungan Anak. Jurnal Sosiologi. Vol. 17 (2) : hal 103-110

Fitriani, Rini. 2016. Peranan Penyelenggara Perlindungan Anak Dalam Melindungi dan Memenuhi Hak Anak. Jurnal Hukum Samudra Keadilan. Vol. 11 (2) : hal 250-258

Herdiana, Dian. 2018. Sosialisasi Kebijakan Publik : Pengertian dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik. Vol. 1 (3) : hal 13-26

Komro, K.A., Flay, Brian.R., & Biglan, A. 2011. Creating Nurturing Environtment : A Science Based Framework for Promoting Child Health and Development Within High-Poverty Neighborhoods. Clinical Child & Family Psychology Review, Vol. 14: hal 111-134

Kurniawan, Teguh. 2015. Peran Parlemen dalam Perlindungan Anak. Jurnal Aspirasi. Vol. 6 (1) : hal 37-51

Lestari, Meilan. 2017. Hak Anak Untuk Mendapatkan Perlindungan Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal UIR Law Review. Vol. 1 (2) : hal 183-190

Mardiyati, Ani. 2015. Peran Keluarga dan Masyarakat dalam Perlindungan Anak Mengurangi Tindakan Kekerasan. Jurnal PKS. Vol. 14 (4) : hal 453-464

Mareta, Josefhin. 2016. Mekanisme Penegakan Hukum Dalam Upaya Perlindungan Hak Kelompok Rentan”. Jurnal Penelitian HAM. Vol. 7 (2) : hal 141-155

Moloeng, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

Nihayah, Ulin. 2015. Mengembangkan Potensi Anak : Antara Mengembangkan Bakat dan Eksploitasi. Jurnal Sawwa. Vol. 10 (2) : hal 135-150

Peters, Michael A & Besley, Tina A.C. 2014. Children in Crisis : Poverty and Abuse in New Zealand. Educational Philosophy and Theory. Vol. 46 (9) : hal 945-961

Putra dkk. 2015. Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah. Share Social Work Jurnal. Vo.5 (1) : hal 51-64

Rahdiyanta, D. 2016. Teknik Penyusunan Modul. Artikel. (Online)http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul.pdf. (diakses 01 November 2021)

Said, Fachri Muhammad. 2018. Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal Cendekia Hukum. Vol. 4 (1) : hal 141-152

Santoso, Purwo. 2010. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Jurusan Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada

Saraswati, Rika. 2015. Hukum Perlindungan Anak di Indonesia. Bandung : Citra Aditya Bakti

Save the Children Sweden. 2005. Child Rights Programming. A Handbook for International Save the Children Alliance Member, Second Edition.

Sholihah, Hani. Mewujudkan Manusia Indonesia yang Unggul Melalui Pemenuhan Hak-Hak Anak dalam Keluarga. Seminar Nasional Dies Natalis Ke 41 Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. E ISSN: 2807-6397. Hal 60-69

Siswanto.2017. Peran Pekerja Sosial dalam Pembinaan Anak Asuh Melalui Life Skill di Panti Asuhan Darul Hadlanah Pati. Interdisciplinary Journal Of Communiction. Vol. 2 (1) : hal 123-140

Sitepu, Anwar. 2014. Kemiskinan dan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus. Jurnal PKS. Vol. 13 (1) : hal 69-82

Soebarsono. AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori, dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Subianto, Agus. 2020. Kebijakan Publik. Surabaya : Brilliant

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suprihartini, Amin. 2008. Perlindungan Terhadap Anak. Klaten: Cempaka Putih

Suyanto, Bagong. 2013. Perlindungan Sosial Bagi Anak-Anak Miskin di Perkotaan. Karya Ilmiah disampaikan pada Child Poverty and Social Protection Conference 10-11 September 2013 (Diterbitkan). The SMERU Research Institute

Syamsuddin, AB & Sunarti. 2020. Intervensi Praktik Pekerja Sosial (Studi Kasus Anak Korban Tindak Kekerasan Seksual di Rumah Perlindungan dan Trauma Centre Makassar). Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial. Vol. 3 (1) : hal 1-11

Tachjan, H. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit AIPI Bandung

Thoomaszen, Friandy Windisany. 2017. Peran Keluarga dalam Pemenuhan Hak Partisipasi Anak Pada Forum Anak Kota Kupang (FAKK). Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 2 (6) : hal 82-97

Umrah, Yuliati dkk. 2004. Pelajaran dari Anak-Anak Merdeka. Surabaya: Guci Media

Wismayanti, Yanuar Farida dan Noviana, Ivo. 2011. Perlindungan Anak Berbasis Komunitas : Sebuah Pendekatan dengan Mengarusutamakan Hak Anak. Jurnal Informasi. Vol. 16 (3) : hal 203-213

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak

Yayasan ALIT. 2021. Child Rights Programming, http://www.alitindonesia.or.id/id/childright (diakses 16 Maret 2021

Published
2022-05-23
How to Cite
Mahmudah, N., & Setyowati, R. (2022). PELAKSANAAN CHILD RIGHTS PROGRAMMING SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN TERHADAP HAK ANAK DAMPINGAN DI YAYASAN ALIT SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(4), 789-808. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p789-808
Abstract Views: 259
PDF Downloads: 210