Upaya Pemerintah kota Surabaya dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Media Center Surabaya sebagai Wujud Good Governance

  • Ririn Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Suwanda Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media Center Surabaya merupakan salah satu gagasan yang dilakukan oleh pemerintah kota Surabaya dalam menampung aspirasi masyarakat dalam rangka pembangunan kota Surabaya secara satu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya. Dalam pelaksanaannya sejak tahun 2012, Media Center terus mengalami perbaikan-perbaikan mulai dari kualitas sumber daya manusia hingga kualitas software-nya, sehingga dengan begitu partisipasi masyarakat dapat meningkat. Partisipasi masyarakat merupakan salah satu prinsip dalam mewujudkan Tata kelola pemerintah yang baik (Good Governance). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya pemerintah serta kendala-kendala yang dihadapi pemerintah Kota Surabaya dalam meningkatkan partisipasi Masyarakat melalui Media Center sebagai Wujud Good Governance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ada 3 yakni kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik, Kepala Seksi Kemitraan Publik dan Staf Media Center Surabaya sebagai informan pendukung. Teknik yang digunakan, yakni teknik Wawancara, Observasi, Dokumentasi, sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dengan teknik proportional sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Kota Surabaya telah berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dengan melaksanakan Sosialisasi, Pelaksanaan Pertura (Pertunjukan Rakyat), Pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Peningkatan kualitas pegawai Media Center Surabaya dalam memberikan Pelayanan, Pengembangan Inovasi Pelayanan Pengaduan  Media Center Surabaya, dan memberikan kejelasan prosedur dan Kemudahan Penggunaan  layanan.

Kata Kunci: Good Governance, Media Center, Partisipasi Masyarakat.

References

Anggini, Trafika dan Rini Rachmawati. 2016. Pemanfaatan Media Center dalam Pelayanan Publik Sebagai upaya Mewujudkan Surabaya Smart City.. Jurnal Bumi Indonesia. Vol 5, No.1 hal 2-10.

BAPPENAS and UNDP Indonesia, Indonesia Human Development Report. 2004. The Economics, Democracy: Financing Human Development in Indonesia. Published Jointly by BPS-Statistic Indonesia.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, John W.2009. Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed) . Yogyakarta. Pustaka Belajar. Hal 274.

Data Olahan Institute of E-government Waseda University Japan, 2018 (http://www.e-gov.waseda.ac.jp/)

Durrant, Fay (2002). e-Government and the Internet in the Caribbean: An Initial Assessment. France.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Jimly Asshiddiqie. 2009. Green Constitution (Nuansa Hijau Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Koesnadi Hardjasoemantri. 2002. Hukum Tata Lingkungan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Lamangida, Trisusanti (2018). Studi Implementasi Good Governance Pemerintahan Daerah Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmu Administrasi. Vol. 6 No. 2 Tahun 2018

Margono Slamet, 1985. Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Pedesaan. Ditjen-Dikti. Jakarta.

McMillan, James H., & Schumacher, Sally. (2003). Research in Education. New Jersey: Pearson

Monoarfa, Moh. Agussalim. (2009). Good Governance dalam Tinjauan Otonomi Daerah. Repository UNG: Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Negeri Gorontalo

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purwaningsih, Chyntya Putri. (2016). Layanan E-Sapawarga Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kota Surabaya Dari Perspektif Birokrasi. Vol.4 No.1 ISSN 2303-341X. Surabaya.

Rachmawati, Devi. 2016. Penerapan Inovasi Pelayanan Pengaduan Media Center di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya. Vol 4, No.2, hal. 245-254.

Sugiyono. P.D., 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Undang- Undang Republik Indonesia nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah.

Waheduzzaman. 2008. Good Governance In Democratic Developing Countries: A Paradox. Journal School of Management. Victoria University. Melbourne. Australia. Page 1-8. https://www.anzam.org/wp-content/uploads/pdf-manager/1456_WAHEDUZZAMAN-77.PDF

Website Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya https://dinkominfo.surabaya.go.id/index.php?pages=produk&tipe=101(diakses pada tanggal 06 Januari 2021 pukul 11. 48 WIB.

Published
2022-05-23
How to Cite
Hidayati, R., & Suwanda, I. (2022). Upaya Pemerintah kota Surabaya dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Media Center Surabaya sebagai Wujud Good Governance. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(4), 824-841. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p824-841
Abstract Views: 778
PDF Downloads: 927