PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DESA KLAMPIS BARAT KECAMATAN KLAMPIS KABUPATEN BANGKALAN
PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak Desa Klampis Barat Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yaitu ayah dan ibu, dan subjek penelitian adalah anak-anak dari Desa Klampis Barat, Kabupaten Klampis, Kabupaten Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian tentang penerapan pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak Desa Klampis Barat Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan, ada dua pola asuh yang diterapkan, yaitu: (1) Pola asuh demokratis adalah ayah dan ibu (orang tua) memberikan kesempatan berdiskusi, berdialog, jujur, perhatian, menghormati hak anak, serta ayah dan ibu (orang tua) memberikan kebebasan, namun tetap mendominasi anak. (2) Pola asuh otoriter adalah sikap ayah dan ibu (orang tua) yang kaku dengan membatasi rasa ingin tahu anak, menerapkan berbagai aturan dengan mewajibkan anak untuk mengikuti semua aturan yang dibuat oleh ayah dan ibu (orang tua). Pada saat yang sama, kemandirian anak di Desa Klampis Barat, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan juga telah berkembang dengan baik.
Kata kunci: Pola asuh orang tua, Kemandirian anak
References
Abdurahman, Mulyono. 2014. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Purwanti, Sasha. 2020. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak Usia Dini Pada Kelas A Di RA Miftahul Jannah Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.unsu.ac.id diunduh 10 Agustus 2021
Emmanuel, Sarah dkk. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian dan Kemampuan Regulasi Emosi anak PAUD”, dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol 03.No. 01 Halaman 66-73
Euis, Sunarti. 2004. Mengasuh Anak dengan Hati. Jakarta: PT. Elex Media Komputido.
Gunarsa, Singgih 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Jakarta: Gunung Mulia
Helmawati, 2014. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Hurlock, E.B. 1999. Chlid Development. Jilid II, terjemahan Tjandrasa, Jakarta: Erlangga.
-------1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kanisius. 2006. Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Familia.
Kartika, Aji Dinda Amelia, Lina Revilla Malik, dan Wildan Saugi. 2020. Pola Asuh Orang Tua Dalam Mensitmulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Dalam Jurnal Southeast Asian Journal of Islamic Education. Volume 03, No. 01, https://journal.iain-samarinda.ac.id Diunduh 25 Agustus 2021
King, L.A. 2014. The Science of Psychology: an appreciative view. (3th ed). New York, NY: Mc Graw Hill
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Marisa, Cindy dkk.. 2018, “Jurnal Konseling Dan Pendidikan”. Halaman 102-112
Monk, F. 1999. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Mamad widya. 2003. Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jakarta: Universitas Terbuka
Martinis, Jamilah. 2007. Panduan Paud. Jakarta: Rineka Cipts.
Nainggolan, Veronika. 2020. Peran Bimbingan Orang Tua dalam Kemandirian Belajar Anak di Sekolah Dasar”, dalam JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. E-ISSN 2549-5801.
Nisa, Dessy Izzatu. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Skripsi. Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo. http://eprints.walisongo.ac.id. Diunduh 14 Agustus 2021
Parker DK. 2005. Menumbuhkan..Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Pratiwi, Karina. Esti, Haniarti dan Usman. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak di SD Negeri 38 Kota Parepare, dalam Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan. Vol. 1 No. 1 Halaman 102-108
Rindiya, E.N, tt. Kemandirian Anak Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua, dalam Jurnal UNNES.
Sari, Desi Ranita dan Amelia Zainur Rasyidah. 2019. Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini, dalam jurnal: Early Childhood : Jurnal Pendidikan Volume 3 No. 1. Halaman 88-96
Shochib, Moh. 1998. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.
Sonia, Gina dan Nurliana Cipta Apsari. 2020. Pola Asuh yang Berbeda-beda dan Dampaknya terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Dalam Jurnal Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Volume 7, No. 1. http://jurnal.unpad.ac.id. Diunduh 22 Agustus 2021
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarti, Kustiyah. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Anak”, dalam Jurnal of EST, volume, 02 No. 3 76-82
Thoha, Chabib. 1996. Kepala Salekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Office.
Tridhonanto, Al. dan Beranda, Agency. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Gramedia.
Tri Wulandari, Ika. 2019. Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Kelompok B di RA Perwanida Kadipaten Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga. Institut Agama Islam Negeri. http://e-repository-perpus.iainsalatiga.ac.id. Diunduh 13 Agustus 2021
Umairoh, Siti dan Ichsan. 2018. Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak”, dalam Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 3 http://ejournal.uin.suka.ac.id. Diunduh 20 Agustus 2021
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal.Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Utami, Ayu Winda, Santosa dan Adijanti Marheni. 2013. Perbedaan Kemandirian Berdasaarkan Tipe Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa SMP Negeri di Denpasar”, dalam jurnal Psikologi Udayana, Vol. 1. No. 1 Halaman 55-69
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Usia Dini Strategi Membangun Karakter di Usia Emas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, N.A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzzy Media.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)