Strategi Cross-Culture Religion Berlandaskan Pancasila Sebagai Penguat Desa Toleransi

  • Catur Ambyah Budiono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi cross-culture religion berlandaskan Pancasila berkaitan dengan cara atau metode dalam menumbuhkan juga memperkuat rasa toleransi pada masyarakat dalam lingkup desa yang berlandaskan  multikultural (studi kasus Dusun Ngandat Desa Mojorejo Kota Batu Jawa Timur), kedua penelitian ini untuk mengidentifikasi dampak strategi cross-culture religion berlandaskan Pancasila dalam memperkuat toleransi pada masyarakat multikultural di Dusun Ngandat Desa Mojorejo Kota Batu Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yakni mendeskripsikan dan juga mengidentifikasi pengimplementasian strategi cross-culture religion berlandaskan Pancasila dalam penguatan desa toleransi, periode waktu penelitian mulai bulan Februari sampai dengan Juni 2021, dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara langsung dengan menggunakan metode penelitian menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang terjadi yaitu dalam jaringan (daring), studi pustaka, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penguatan rasa toleransi dengan menggunakan strategi cross-culture religion berlandaskan Pancasila memiliki beberapa dampak positif seperti, masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya menumbuhkan rasa toleransi dalam bernegara, sosialisasi nilai nilai Pancasila yang ditujukan kepada masyarakat dalam konteks bernegara lebih menyeluruh dan masif dan masih memiliki beberapa kendala dalam pengimplementasian secara konkrit di lapangan seperti kurangnya kesadaran dari diri masyarakat, kurangnya partisipasi dari masyarakat, kurangnya pembaharuan secara konsep dan konteks dalam  penerapan di lapangan.

References

Alfabeta Wahono, S. Wismoady. 2001. Pro-Eksistensi: Kumpulan Tulisan untuk Mengacu Kehidupan Bersama. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia Hadisaputro

Aulia, Tia Oktaviani Sumarna dan Arya Hadi Dharmawan. “Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Sumberdaya Air di Kampung Kuta”. Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, Desember 2010

Creswell, John W 2012. Research Desain (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Jakarta. Pustaka Pelajar

Danniarti, Rahma. 2017. Implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Wawasan Kebangsaan Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 7 Palembang. Jurnal JMKSP. Vol 2 No 2. hal 190-195.

Danoebroto, Sri Wulandari. 2015. Teori Belajar dan Kontruktivis Piaget dan Vygotsky. Jurnal Indonesia Digital Journal of Matemathics and Education. Vol 2 No 2. Hal 191-198.

Darna, Nana., dkk. 2015. Memilih Metode Penelitian yang Tepat bagi Penelitian Bidang Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 5 No 1. Hal 287-292.

E. St Harahap, dkk. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Balai PustakaEmzir. (2010).

Fidiyani, Rini dan Ubaidillah Kamal. “Penjabaran Hukum Alam Menurut Pikiran Orang Jawa Berdasarkan Pranata Mangsa”. Jurnal Dinamika Hukum Vol. 12 No. 3 September 2012, Purwokerto: FH UNSOED

Herusatoto, Budiono. 2003. Simbolisme Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia;

Kalimasada, Mas. Dinar. 2015. Pembinaan Anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kampung Anak Negeri Kota Surabaya. Jurnal Publika. Vol 3 (1). Hal 1-13.

Karman. 2015. Kontruksi Realitas Sosial sebagai Gerakan Pemikiran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika. Vol 5 no 3. Hal 11-23.

Koentjaraningrat. 1990. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan

Lickona, Thomas. 2012. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara

Majid, Nur Cholish, dkk. 2001. Passing Over Melintasi Batas Agama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 138 Putro

Maliki, Z. 2000. Agama Rakyat Agama Penguasa. Yog¬yakarta: Galang Press.

Mas’udi, Asy. 2000. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.

Muhda. 2002. Peranan Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Dalam Ketahanan Masyarakat.lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php? dataId=6666, diakses tanggal 7 Januari 2021

Mushin, Ali. 2020. Internalisasi Nilai Akhlakul Karimah Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Insania. Vol 25 (2). Hal 226-239

Narwanti, Sri. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media, anggota IKAPI.

Nelyahardi. 2017. Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 2 (2). Hal 202–218.

Nisvilyah, Lely. 2013. “Toleransi Antarumat Beragama Dalam Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa (Studi Kasus Umat Islam Dan Kristen Dusun Segaran Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto)”. Kajian Moral dan Kewargenegaraan. Vol. 2 No. 1 hal. 383-395

Nyoni Baskoro. 2019. Toleransi AntarumatBeragama di Desa Bangun Kecamatan Munjungan, Trenggalek.Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Pranaka, A. (1985). Sejarah Pemikiran Tentang Filsafat Pancasila.Jakarta:CSIS.

Putro, Nyoni Baskoro. 2019. Toleransi AntarumatBeragama di Desa Bangun Kecamatan Munjungan, Trenggalek. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Revida, E.2006. Interkasi Sosial Masyarakat Etnis Cina dengan Pribumi di Kota Medan Sumatera Utara. Jurnal Harmoni Sosial. Vo.1 N.1. Septem¬ber 2006

Ritzer G dan Douglas J. Godman. 2004. Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul: Kreasi Wacana.

SETARA Institute for Democracy and Peace. 2018. Laporan Tengah Tahun Kondisi Kebebasan Beragama/Berkeyakinan dan Minoritas Keagamaan di Indonesia 2018. Jakarta

Soeharto. 2002. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Revika Adika Soekanto, 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumartana, dkk. 2005. Pluralisme, Konflik, dan Pendidikan Agama di Indonesia. Yogyakarta: DIAN/Interfide

Supain, Siti Norshahanie Binti. 2017. Toleransi Antarumat Beragama (Studi Terhadap Hubungan Islam, Kristen Dan Buddha Di Sipitang Sabah Malaysia). Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supain, Siti Norshahanie Binti. 2017. Toleransi Antarumat Beragama (Studi Terhadap Hubungan Islam, Kristen Dan Buddha Di Sipitang Sabah Malaysia). Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Stake, Robert E. 2005. Case Study Methods in Educational Research: Seeking Sweet Water. In R. M. Jaeger (Ed.) Complementary methods for research in education, 2nd Edition (pp, 401-100 414). American Educational Research Association: Washington, DC.

Published
2022-05-24
How to Cite
Budiono, C. (2022). Strategi Cross-Culture Religion Berlandaskan Pancasila Sebagai Penguat Desa Toleransi. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(4), 887-901. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p887-901
Abstract Views: 344
PDF Downloads: 345