Implementasi Program Pembinaan Kepribadian sebagai Upaya Membangun Karakter Nasionalis Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo

Implementasi Program Pembinaan Kepribadian sebagai Upaya Membangun Karakter Nasionalis Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo

  • Pipit Ayu Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Rahmanu Wijaya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

This research aims to describe the implementation of the personality coaching program as an effort to build the nationalist character of prisoners in the Sidoarjo Class IIA Penal Institution. This substance is observed using Thomas Lickona's theory of character-building theory, that there are three components of character building, namely moral knowing, moral feeling, and moral action. This research is important to be researched, because there are still internal violations that reflect the low awareness of prisoners in behaving according to the values ​​of Pancasila. The method used is descriptive qualitative with case study design. The research subjects consisted of the Head of the Binadik Section, Binadik staff, and prisoners, namely RZ, NV, DR, and CH. The research location is in the Sidoarjo Class IIA Penal Institution, at Jalan Sultan Agung Number 32 Magersari, Sidoarjo. Meanwhile, the data collection techniques used are in-depth interviews, participant observations, and document studies related to the form of activities, implementation of activities, prisoners' nationalistic behavior, and obstacles. The data and information obtained were then analyzed using Miles and Huberman data triangulation which was associated with the perspective of Thomas Lickona's character building theory. The results showed that efforts to build the nationalist character of prisoners were carried out through fostering and cultural activities of Penal institutions which consisted of package chase education, counseling on national awareness, scouts, religious lectures, musical arts, flag ceremonies, and Clean Fridays.

References

Alius, Suhardi. 2019. Resonansi Kebangsaan Membangkitkan Nasionalisme dan Keteladanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Armawi, Armaidy. 2019. Nasionalisme dalam Dinamika Ketahanan Nasional. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ayu, Agista Rizky Ridha dan Suwanda, I Made. 2013. “Pembentukan Karakter Siswa SMP Negeri 6 Mojokerto melalui Kegiatan Upacara Bendera”. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 1 (1): 148

Azizah dkk. 2022. Buku Panduan Model Pembelajaran Nobangan. Bogor: Guepedia.

Erviana, Vera Yuli. 2021. “Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 14 (1): hal. 1-9.

Gafur, Harun. 2020. Risalah Antar Peradaban Masa Depan Demokrasi Indonesia. Malang: Literasi Nusantara.

Hasna, Syofiyah dkk. 2021. “Strategi Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran PKn”. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (6) hal. 4970-4979.

Hukmana, Siti Yona. 2021. “Angka Kriminalitas Naik pada Awal 2021”. Dalam Medcom.id, 19 Januari. Jakarta.

Instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-08.OT.02.02 tentang pemberhentian sementara kegiatan pembinaan yang melibatkan pihak luar.

Surono, Kabul Aris. 2017. “Penanaman Karakter dan Rasa Nasionalisme pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMPN 4 Singorojo Kabupaten Kendal”. Indonesian Journal of Conservation. 6 (1): hal. 23-30.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, cet. ke-1. Bandung: Nusa Media.

Mintargo, Wisnu. 2017. “Peran Lagu Perjuangan dan Pendidikan Kesadaran Nasionalisme di Indonesia”. Promusika. 5 (1): hal. 41-46.

Mochamad Nurhuda Febriyansah, Lailatul Khodriah, dan Raka Kusuma Wardan. 2017. “Upaya Deradikalisasi Narapidana Terorisme di Lembaga Pemasyarakatan Kedung Pane Semarang”. Makalah disajikan dalam seminar nasional hukum Universitas Negeri Semarang. 3 (1): hal. 91-108.

Munifah. 2020. Rekonsepsi Pendidikan Karakter Era Kontemporer. Bandung: Cendekia Press.

Nadra Akbar Manalul, Fentisari Desti Sucipto, dan Tria Ocktarizka. 2020. “Seni Tari sebagai Metode Pembinaan di Lapas Kota Jantho Aceh Besar”. Invensi. 5 (1): hal. 17-25.

Nasaruddin Umar dan Fahri Bachmid. 2020. “Efektivitas Program Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara terhadap Narapidana Khusus Korupsi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambon”. Sovereign Jurnal Ilmiah Hukum. 2 (2): hal. 52-69.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Putri Ayu Arumsari dan Harmanto. 2019. “Strategi Pembinaan Warga Negara yang Baik di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lamongan”. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 7 (2): hal. 586-600.

Ratnasari, Meita. 2017. “Proses Penanaman Sikap Nasionalisme dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas Tinggi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 3 (3): hal. 144-150.

S. Samsu dan H. M. Yasin. 2021. “Optimalisasi Pelaksanaan Pembinaan Residivis Narapidana Narkotika pada Lembaga Pemasyarakatan”. Al-Ishlah Jurnal Ilmiah Hukum. 24 (1): hal. 18-38.

Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publising.

Sulistyono dan Adi, Agus Satmoko. 2019. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi terhadap Santri di Pondok Pesantren Ngalah Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan”. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 7 (1): hal. 166-180.

Syafaruddin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.

Taufik, Muhammad. 2021. “Terminal dan Bandara jadi Transit Peredaran Narkoba di Sidoarjo Naik 23,7 Persen pada 2021”. Dalam Surya.co.id, 29 Desember. Sidoarjo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardhani, Novia Wahyu dan Narimo, Sabar. 2021. Nasionalisme Mangkunegara IV. Insan Cendekia Mandiri.

Wijayaatmaja, Yakub Pryatama. 2020. “Lima Bulan Pandemi Covid-19 Kriminalitas Naik 7 Persen”. Dalam Media Indonesia, 18 Mei. Jakarta.

Yin, Robert K. 2009. Case Study Research Design and Methods. London: Sage Publication.

Yustiani. 2018. “Nasionalisme melalui Pendidikan di Sekolah pada Siswa SMA di Wilayah Perbatasan Kalimatan Barat”. Jurnal Smart. 4 (1): hal. 111-123.

Published
2022-06-30
How to Cite
Safitri, P., & Wijaya, R. (2022). Implementasi Program Pembinaan Kepribadian sebagai Upaya Membangun Karakter Nasionalis Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(4), 945-960. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p945-960
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 270