PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn SECARA HYBRID LEARNING DI SMP NEGERI 9 SURABAYA
PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn SECARA HYBRID LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p1068-1082Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi, hambatan dan solusi guru PPKn dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa melalui hybrid learning di SMP Negeri 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif . Informan dalam penelitian ini adalah tiga orang yaitu satu informan guru mata pelajaran PPKn dan dua informan siswa kelas VII. Analisis data penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan yang dilandasi oleh teori karakter Thomas Lickona yaitu pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling), dan tindakan moral (moral action) yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter tanggung jawab siswa di SMP Negeri 9 Surabaya dilakukan oleh guru PPKn melalui pertama, pemberian motivasi belajar siswa dengan memberikan pemahaman materi siswa, pembuatan konten belajar dan pemberian perhatian kepada siswa dalam menerima dan mengerjakan tugas. Kedua melalui Teladan kebiasaan baik meliputi guru sebagai role model dan pembiasaan baik sebelum dan sesudah pembelajaran. Ketiga membantu siswa belajar dari kesalahan melalui pemberian hukuman dan evaluasi diri. Hambatan yang dialami oleh guru PPKn dalam penerapan strategi tersebut berasal dari faktor sosial dan ekonomi siswa, kebijakan PTM maksimal 4 jam, serta kebijakan sekolah yang mewajibkan orang tua untuk mengantar dan menjemput siswa selama PTM. Solusi yang diberikan untuk mengatasi hambatan tersebut dengan memberikan pinjaman gawai kepada siswa, memberikan toleransi keterlambatan dalam mengikuti pembelajaran dan pengumpulan tugas, serta pemanfaatan waktu dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Karakter tanggung jawab, Pembelajaran, Hybrid Learning.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

