PERAN KOMUNITAS DONASI KREASI DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN SOSIAL WARGA WIYUNG KOTA SURABAYA

  • Novalita Kristiawardani Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Kata Kunci: Peran, Komunitas Donasi Kreasi, Kepedulian Sosial, Keywords: Role, Community Creative Donation, Social Care

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Komunitas Donasi Kreasi dalam membangun kepedulian sosial warga Wiyung kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran Biddle dan Thomas. Dalam teori peran Biddle dan Thomas terdapat lima jenis peran perilaku dalam masyarakat yaitu expectation (harapan), norm (norma), performance (wujud perilaku), evaluation (penilaian), dan sancstion (sanksi). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang berasal dari satu ketua Komunitas Donasi Kreasi dan lima anggota Komunitas Donasi Kreasi. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Komunitas Donasi Kreasi dalam membangun kepedulian sosial warga Wiyung kota Surabaya adalah pertama dengan melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah warga. Kedua melaksanakan kegiatan sosial guna pemberian contoh kepada warga. Ketiga mengajak warga gotong royong membangun gubuk baca. Keempat mengajak warga untuk membantu warga lain yang terkena musibah. Kelima menumbuhkan citra positif warga dalam berbagai kegiatan sosial.

Kata Kunci: Peran, Komunitas Donasi Kreasi, Kepedulian Sosial

Referensi

Abdulsyani. 2012. Sosiologi: Sistematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu. 1982. Psikologi Sosial. Surabaya: PT. Biana Ilmu.

Atabin. 2017. “Menumbuhkan Sikap Peduli Sosial Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial”. Jurnal IJTIMAIYA Vol. 1 (1): hal 54-55.

Bambang, Syamsul. 2015. Psikologi Sosial. Jawa Barat: CV. Pustaka Setia Arifin.

Berry, David. 1981. Pokok-Pokok Pikiran Dalam Sosiologi. Jakarta: CV Rajawali.

Darmiyati Zuchdi. 2013. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Duverger, Maurice. 2010. Sosiologi Politik, terj. Daniel Dhakidae. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Feist, Jess dan Gregory J. 2002. Theories of Personality. USA: McGraw-Hall companies.

Genny dkk, 2021. “Peran Komunitas Ketimbang Ngemis Pekanbaru Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat Melalui Media Instagram”. Jurnal Lontar Vol. 9 (1): hal 22-24.

Hermawan, Kertajaya. 2008. Arti Komunitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marwing, Arwan. 2016. “Kritik Kepedulian Sosial Adler dan Ikhlas Terhadap Perilaku Pro-Sosial Manusia Modern”. Jurnal Kontemplasi Vol. 4 (2): hal 255-257.

Maya, Yuni. 2014. “Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kenegaraan (Civic Disposition) Siswa”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol. 23 (1): hal 22-23.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. (diterjemahkan oleh: Tjetjep Rohedi Rosidi). Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Monica. 2023. “Pengaruh Kepedulian Sosial dalam Mengatasi Tantangan Lingkungan di Daerah Rentan Bencana (Studi di Kabupaten Cianjur)”. Jurnal Pengabdian West Science Vol. 2 (6): hal 496-497.

Naila dkk, 2022. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Peduli Sosial Anak”. Jurnal Basicedu Vol. 6 (2): hal 2548-2549.

Rahman. 2016. “Gerakan Sosial Masyarakat Peduli Lingkungan”. Jurnal Equilibrium Vol. 3 (2): hal 178-180.

Rusmakno, B. dkk. 2008. Pendidikan Budi Pekerti SMP Kelas VIII: Membangun Karakter dan Kepribadian Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Samani, Muchlas, Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito W. 2013. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soekanto, Soerjono. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarna, Saleem Harja. 2015. Kepribadian Super. Klaten: Galmas publisher.

Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Taddjudin. 2013. “Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini”. Jurnal Pemikiran Sosiologi Vol. 2 (1): hal 2-4.

Tri Utami dkk, 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa di SMPN 1 Palembang”. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika Vol. 6 (1): hal 19-21.

Wenny dkk, 2021. “Peran Komunitas Pemuda Hijrah Sebagai Kontrol Sosial di Jorong Koto Alam Nagari Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar Vol. 9 (1): hal 39-40.

Winarno dan Harianto. 2018. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Bandung: Penerbit Bumi Aksara.

Wulansari, Dewi. 2009. Sosiologi (Konsep dan Teori). Bandung: PT. Refika Aditama.

Zubaedi. 2016. Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktik. Jakarta: Kencan.

Diterbitkan
2023-08-18
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 210