PENGARUH KARAKTER RELIGIUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA

Authors

  • Dharma Auliansyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p410-418

Keywords:

Karakter Religius, Motivasi Belajar, Peserta Didik, Pembelajaran PPKn

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan dasar mata pelajaran untuk pembentukan moral dan ideologis bagi generasi yang sesuai dengan ideology bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Oleh karena itu, seorang pendidik harus mampu membentuk karakter siswa dengan berdasar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang meliputi aspek spiritual, sosial, mental, dan emosional, terutama dalam pembelajaran PPKn di sekolah. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh karakter religius terhadap motivasi belajar peserta didik khususnya dalam proses pembelajaran  PPKn. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling yang dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Surabaya yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner berupa angket kepada siswa kelas VIII A-J. Sebanyak 262 responden berhasil dikumpulkan dan ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh karakter religius terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter religius peserta didik memiliki pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 38%, akan tetapi masih tergolong rendah dalam mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 21 Surabaya. Oleh karena itu, masih perlu berbagai upaya yang harus dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adevita, M., 2021. Peran orang tua pada motivasi belajar anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), pp.64-77.

Albertus, D. K. [2010]. Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: PT. Grasindo.

Astuti, D., Susilo, G. and Sari, T.H.N.I., 2018. Pengaruh konsentrasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), pp.42-53.

Asmani, J.M.M., 2011. Buku Panduan Internalisasi Karakter Di Indonesia. Yogyakarta : Diva Press.

Budi, A.M.S. and Apud, A., 2019. Peran kurikulum kulliyatul mu’allimin al-islamiyah (kmi) gontor 9 dan disiplin pondok dalam menumbuhkembangkan karakter santri. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), pp.1-10.

Caesarani, S., Syfani, A.E., Sari, D.K., Amelia, S. and Alfiyana, Y., 2023. Penyuluhan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Mts Ponpes Daar Al-Ilmi. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 3(1), pp.58-69.

Djihadah, N., 2020. Kecerdasan emosional dan kepemimpinan kepala madrasah dalam aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), pp.1-10.

Emda, A., 2018. Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), pp.172-182.

Gunawan, R., 2023. Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMAN 1

Margaasih. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(1), pp.9-21.

Gunawan, Y.I.P., 2018. Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), pp.74-84.

Hasibuan, A.A., Syah, D. and Marzuki, M., 2018. Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), pp.191-212.

Idzhar, A., 2016. Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), pp.221-228.

Kazmi, R., 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Survei pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Timur). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1).

Kurnianto, B. and Rahmawati, R.D., 2020, September. Hubungan pola asuh Orang Tua terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Daring Masa Pandemi. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 2, No. 1).

Kusnoto, Yuver. 2017. “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan” dan Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), pp.247-256.

Kusuma, Z.L. and Subkhan, S., 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1).

Lickona, T. 1996. Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93-100.

Lickona, T. 2013. Pendidikan Karakter : Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung : Nusa Media.

Maesaroh, S., 2018. Penerapan Metode Cooperative Learning dengan Memanfaatan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Kebaikan Siswa Menengah Pertama. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), pp.168-172.

Massie, A.Y. and Nababan, K.R., 2021. Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter siswa. Satya Widya, 37(1), pp.54-61.

Nasional, K.P., 2010. Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Nasrah, N. and Muafiah, A.M.A., 2020. Analisis motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemik Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), pp.207-213.

Ngainun, N., 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalamPengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Ningsih, Tutuk. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto : Penerbit STAIN [Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri] Purwokerto. Tersedia secara online juga di: http://repository,iainpurwokerto.ac.id/2464/1/BUKU%20IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER.pdf [diakses di Bandung, Indonesia: 28 Oktober 2017].

Nova, D.D.R. and Widiastuti, N., 2019. Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), pp.113-118.

Nurhakim, I., Rosra, M. and Latif, S., 2014. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(4).

Oktiani, I., 2017. Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), pp.216-232.

Palittin, I.D., Wolo, W. and Purwanty, R., 2019. Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), pp.101-109.

Pratiwi, A.B., Farida, F. and Trisnani, R.P., 2017, May. Optimalisasi Pendidikan Islam dan Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Anak. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 170-180).

Priyanto, M.A., 2018. Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Jamaah di Masjid Fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Putri, N., & Satria, R. [2021]. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Melaksanakan Penanaman Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5[2], 3831-3836.

Rahman, S., 2022, January. Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rosad, A.M., 2019. Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), pp.173-190.

Rosyad, A.M. and Zuchdi, D., 2018. Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), pp.79-92.

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saptono, Y.J., 2016. Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), pp.181-204.

Semadi, Y.P., 2019. Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), pp.82-89.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R Dan D.

Suwandaru, C. and Hidayat, T., 2021. Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), pp.113-119.

Syaroh, L.D.M. and Mizani, Z.M., 2020. Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), pp.63-82.

Wahyudi, A., & Fauzi, A. [2018]. Implementasi Konsep Religiusitas Dengan Perilaku Sosial Santri Di Desa Pangurangan Kecamatan Pangurangan Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos Volume VII No, 119.

Winata, I.K., 2021. Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), p.13.

Yadnyawati, I.A.G. and Winyana, I.N., 2020. Pendidikan Karakter Bagi Generasi Penerus Bangsa. WIDYANATYA, 2(02), pp.18-24.

Yasin, M. 2019. Sosiologi Pendidikan sebagai Basis Manajemen Pendidikan dalam Penguatan Karakter Siswa. Al-Rabwah, 13(02), 103-121.

Yuliawan, A., 2016. Hubungan antara motivasi belajar dan latar belakang pendidikan dengan prestasi belajar mahasiswa. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), pp.15-24.

Zainal, Aqib. 2011. Pendidikan Karakter: Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Ahmad Eddison, Hambali, H. (2020). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Guna Membangun Kecerdasan Berideologi Pada Guru Ppkn SMA/SMK Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 993–1005.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Lickona, T. (1991). Educating For Character. In Bantam Book.

Permady, Gigieh Cahya, H. (2022). PENGEMBANGAN NILAI RELIGIOUS PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 285–294.

Sundawa, D., & Wadu, L. B. (2021). Implementasi Nilai Karakter Religius dalam Tradisi Bersih Desa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 77–82. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/6488

Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.

Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa ndonesia. AL GHAZALI , Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Auliansyah, D. (2025). PENGARUH KARAKTER RELIGIUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(3), 410–418. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p410-418
Abstract views: 141 , PDF Downloads: 70