IMPLEMENTASI PROGRAM INTENSIFIKASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 KRIAN DITINJAU DARI ASPEK KETERLAKSANAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Rony Rafsanzani PPKn
  • Totok Suyanto

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program intensifikasi belajar (PIB) di SMA Negeri 1 krian ditinjau dari aspek keterlaksanaan dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 86 siswa yang diambil secara proporsional dari 10% total jumlah siswa SMA Negeri 1 Krian, yang terdiri dari 30 siswa kelas X, 27 siswa kelas XI dan 29 siswa kelas XII . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode presentase. Berdasarkan hasil penelitian terhadap implementasi PIB di SMA Negeri 1 Krian dilihat dari aspek pelaksanaan mendapatkan total skor sebesar 77,61 yang dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari keterlibatan guru dalam PIB, waktu pelaksanaan kegiatan PIB, materi yang disampaikan dalam PIB serta sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan PIB. Sedangkan implementasi PIB di SMAN 1 krian dari aspek motivasi belajar siswa mendapatkan total skor sebesar 75,96 yang dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari kemandirian siswa saat mengerjakan modul, bertanya saat pembahasan soal, mengemukakan pendapat, hadir dalam kegiatan PIB dan mendukung keberlanjuatan PIB.

Kata kunci : Implementasi ,Program Intensifikasi Belajar.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
PMP-KN S1
Diterbitkan
2014-01-27
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 52