PERAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU ETIS PADA PERGAULAN REMAJA DI WILAYAH KLAKAHREJO KELURAHAN KLAKAHREJO KECAMATAN

  • Ayu Chitra Dewi PPKn
  • M. Turhan Yani

Abstrak

Abstrak

Peran keluarga sangat penting dalam hal mengembangkan, mengarahkan, membimbing, serta mendidik anak remajanya menjadi lebih baik. Peran keluarga akan berjalan dengan baik, jika lingkungan disekitarnya juga baik. Namun berbeda halnya di wilayah Klakahrejo Surabaya, dimana wilayah Klakahrejo ini berdekatan dengan kompleks lokalisasi Moroseneng. Wilayah yang buruk maka peran yang dijalankan keluargapun akan semakin berat dengan tanggung jawab yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam mengembangkan perilaku etis pada pergaulan anak remajanya.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Peran keluarga dalam mengembangkan perilaku etis pada pergaulan anak remajanya, dibagi kedalam empat aktivitas, yaitu membina perilaku anak; keteladanan diri; pemenuhan kebutuhan hidup; dan orang tua sebagai pengontrol pergaulan anak. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata sebesar 51,6% dan hal ini termasuk dalam kategori peran Cukup Tinggi perihal peran keluarga. Sedangkan perilaku etis yang coba dikembangkan yakni perilaku etis di lingkungan rumah dan perilaku etis di lingkungan masyarakat. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan rata-rata sebesar 50,22% dan hal ini masuk dalam kategori Cukup Tinggi perilaku etis anak remajanya. Sedangkan dalam hal pelaksanaan peran di kategoriakan dalam hal pekerjaan orang tua dan tingkat pendidikan orang tua. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan peran keluarga berada dalam kategori Tinggi perannya.

Kata kunci: Peran Keluarga, Perilaku Etis,

Abstract

The role of the family is very important in terns of developing, directing, guiding, and educating thei teenagers become better. The role of the family will go well, if the surrounding environment is also good. However unlike the case in Surabaya Klakahrejo region, which is adjacent to the region Klakahrejo Mororseneng complex localization. Regional bad then run family role will be heavier with great responsibility. This study aimed to describe the role of the family in developing etchical behavior in socially teenagers. This study used a descriptive quantative approach, the data collection techniques such as questionnaires and analysed using descriptive analysis techniques. The role of the family in developing a socially ethical behavior in their teenagers, divided into four activities, which foster the child’s behavior; exemplary self; subsistence; and parent child relation ship as acontroller. The results showed an average of 51,6% and it is included in the category Higt Enough about the role of family roles. While trying to develop ethical behavior that is ethical behavior un the home environment and ethical conduct in society. The result of field studies showed an average of 50,22% and it is the category Higt Enough ethical conduct their teenagers. While in terms implementation in category role in parental employment and parental education level. The result of research in the field shows that the implementation of the role of the family are in the category of High roles.

Key words: Role of Family, Ethical Conduct.

Diterbitkan
2014-05-14
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 51