PERAN PANTI ASUHAN HIDAYATUL UMMAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK YATIM, YATIM PIATU DAN DHUAFA CANDI SIDOARJO

  • Fari Mufaricha PPKn
  • Rr. Nanik Setyowati

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Panti Asuhan Hidayatul Ummah dalam pembentukan Karakter Kerja Keras, Mandiri, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan dan mendeskripsikan hambatan yang dialami Panti Asuhan Hidayatul Ummah dalam pembentukan karakter anak Yatim, Yatim Piatu, Dhuafa dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penganalisisan data melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Panti Asuhan Hidayatul Ummah dalam pembentukan Karakter Kerja Keras mendidik anak asuh untuk belajar, menunaikan sholat lima waktu, berdoa, berusaha dan mengamalkan ilmu kepada orang yang membutuhkan dan memberikan keterampilan seperti membuat kastok, baner yang kemudian dijual, Karakter Mandiri anak asuh dilatih untuk terbiasa merapikan kamar tidur, meletakkan barang pada tempatnya, Karakter Tanggung Jawab anak asuh dilatih untuk bersikap tegas dalam mengambil keputusan dan Karakter Peduli Lingkungan anak dilatih untuk mempunyai kepedulian terhadap lingkungan disekitar panti. Hambatan dan solusi Karakter Kerja Keras, anak asuh masih disuruh untuk belajar, karena perilaku malas masih melekat pada diri anak. Solusi anak asuh dilatih untuk menerapkan ilmu yang telah diterapkan di panti kepada orang lain. Hambatan dan solusi Karakter Mandiri, anak asuh tidak percaya diri melainkan mengantungkan orang lain untuk membantu pekerjaannya. Solusi panti dalam mendidik dilakukan dengan sabar dan lemah lembut. Hambatan dan solusi Karakter Tanggung Jawab, anak asuh seringkali mengabaikan tugas dan kewajiban penting sebagai anak asuh. Solusi, dalam mendidik anak harus ada penekanan untuk memberikan efek jera supaya tidak mengulangi perilaku buruk. Hambatan dan solusi Karakter Peduli Lingkungan, anak asuh tidak merawat lingkungan dengan baik. Solusi, melalui pemberian hukuman dan penghargaan.
kata kunci : peran, pembentukan, karakter
ABSTRACT
This study aims to determine the role of the Ummah Hidayatul Orphanage in formation Character Hard Work, Self, Responsibility, Environmental Care and describe the obstacles experienced by the Ummah Hidayatul Orphanage in shaping the character of orphans, Orphan, Dhuafa and solutions. This study used a qualitative approach with a case study research design. Techniques of data collection using interviews, observation, and documentation. Technique of analyzing data through data collection, data presentation, data reduction, and concluded the data. The results showed that the role of the Ummah Hidayatul Orphanage Work Hard formation Character educate foster children to learn, perform prayers five times a day, praying, trying and try and practice knowledge to people in need, provide skills such as making hanger, banners are then sold, Independent Character foster children are trained to get used to tidy up the bedroom, put stuff in place, character Responsibility foster children are trained to be assertive in making decisions and Environmental Care Character children are trained to have a concern for the environment around the home. Barriers and solutions Character Hard Work, foster children are still told to learn, because the lazy behavior is still attached to the child. Solutions foster children are trained to apply the knowledge that has been applied in the home to others. Independent Character barriers and solutions, foster children are not confident but pocket another person to help her work. Solutions parlors in educating done with patience and gentleness. Barriers and solutions Character responsibility, foster children often neglect important duties and obligations as a foster child. Barriers and solutions Character responsibility, foster children often neglect important duties and obligations as a foster child. Solution, in educating children, there should be an emphasis to provide a deterrent effect so as not to repeat the bad behavior. Barriers and solutions Character Environmental Care, foster children are not taking care of the environment. Solution, through the provision of punishment and reward.
Keywords: Roles, Formation, Character

Author Biography

Fari Mufaricha, PPKn
S1 PMP-KN
Published
2014-08-25
How to Cite
Mufaricha, F., & Setyowati, R. (2014). PERAN PANTI ASUHAN HIDAYATUL UMMAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK YATIM, YATIM PIATU DAN DHUAFA CANDI SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 977-991. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p977-991
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 92