PERAN KETELADANAN GURU DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 12 SURABAYA

  • Gama Septian Maulana PPKn
  • Harmanto Harmanto

Abstract

ABSTRAK
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk keteladanan guru dalam upaya membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 12 Surabaya, untuk mengetahui faktor - faktor yang mendukung dan menghambat upaya mengembangkan keteladanan guru di SMA Negeri 12 Surabaya, untuk mengetahui bagaimana peran keteladanan guru dalam upaya membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 12 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Deskriptif. Tehnik pengambilan subjek data dilakukan secara selektif. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan yakni tehnik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dianalisis menunjukan bahwa peran keteladanan guru di SMA Negeri 12 Surabaya dalam membentuk karakter peserta didiknya telah berjalan maksimal. Dimana para guru tidak lagi hanya bertugas menjadi pengajar akan tetapi memiliki tugas yang lainnya yakni mendidik. Dalam mendidik, dibutuhkan kompetensi lebih yang harus dimiliki oleh seorang guru. Salah satunya memiliki keteladan bagi siswa-siswanya atau peserta didiknya. Bentuk keteladan guru ini berupa sifat yang akan diturunkan kepada peserta didiknya melalui proses belajar mengajar, tata tertib sekolah yang telah di integrasi dengan berbagai macam bentuk karakter, dan kultur sekolah atau budaya sekolah. Dalam pelaksanaan keteladanan guru dalam upaya membentuk karakter peserta didiknya terdapat hambatan serta dukungan didalam prosesnya. Hambatan yang dilalui yakni, kurangnya kesadaran diri peserta didiknya terhadap pentingnya karakter, pergaulan siswa diluar sekolah yang terbawa masuk kedalam lingkungan sekolah, adanya kekukrang kerja samaan diantara guru dalam pelaksanaannya. Dukungan atau dorongan yang dilalui yakni, orang tua peserta didik yang telah mempercayakan sepenuhnya kepada guru, dukungan dari seluruh warga sekolah, dan kerja sama yang terjalin baik antara guru dengan peserta didik.
Kata kunci : Pembentukan Karakter, Peran Keteladanan Guru
ABSTRACT
This study included in the descriptive study. Retrieval technique is selective data subject. Techniques of data collection through interviews, documentation and observation. Data analysis techniques used namely data analysis techniques using qualitative descriptive analysis. The results of studies that have analyzed the example shows that the role of teachers in the State High School 12 Surabaya in shaping the character of student participants has been running maximum. Where the teacher is no longer just be a teacher on duty but have the task of educating others. In educating, more competencies are needed to be possessed by a teacher. One of them has the example for his students or learners. This form of exemplary teachers in the form of properties that will be passed down to the learners through the learning process, the school rules that have been in various forms of integration with characters, and the school culture or school culture. In the exemplary implementation of the teacher in order to form the character of the participant students are barriers and support in the process. Impassable barriers namely, a lack of self-awareness of the importance of learners' characters, relationships outside of school students who carried into the school environment, the presence of lack of similarity between the work of teachers in the implementation. Support or encouragement that passed, parents of students who have entrusted entirely to the teachers, the support of the entire school community, and the cooperation between

Author Biography

Gama Septian Maulana, PPKn
S1 PMP-KN
Published
2014-08-25
How to Cite
Maulana, G., & Harmanto, H. (2014). PERAN KETELADANAN GURU DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 12 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 1189-1204. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p1189-1204
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 143