EVALUASI PROGRAM KURSUS MENJAHIT DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI LKP MODES ANIQ SIDOARJO
Abstract
Abstrak
Penelitian tentang Evaluasi program Kursus Menjahit Dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanan program kursus menjahit. Lembaga kursus adalah salah satu bentuk pendidikan nonformal yang berperan sebagai pengganti, penambah, dan pelengkap. Khususnya untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia di daerah Sidoarjo. Melihat latar belakang diatas, peneliti merumuskan masalah bagaimana pelaksanaan program menjahit di LKP Modes Aniq Sidoarjo. Sehingga ada manfaat yang diperoleh yaitu mendeskripsikan hasil pelaksanaan program kursus menjahit, serta mengetahui kendala dan cara mengatasi apa yang ada dalam program kursus menjahit.
Penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian secara deskriptif kualitatif. Subjek data berasal dari peserta didik, pamong belajar, dan penyelenggara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, transferability, dependability dan konfirmability.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program kursus menjahit dalam upaya pemberdayaan perempuan telah berhasil dan mampu memberdayakan perempuan. Hasil belajar secara teori maupun praktek sudah dikuasai peserta didik dengan baik. seperti smock jepang, desain mode, dan sulam pita. Dukungan melalui pendampingan bagi para lulusan serta fasilitas dan tutor yang berpengalaman terbukti membantu peserta didik memperoleh keterampilan dan memberdayakannya.
Kata kunci : Evaluasi program, Pemberdayaan perempuan
Abstract
This research about evaluation program of sewing course in effort to women empowerment in order to know the course of program implementation sewing. The course are one of nonformal education which serve as a substitute, addition and complement. Plus with population growth the amount of especially for developing human resources in Sidoarjo. Above the background, researchers to frame the problem how about implementation sewing program in LKP Modes Aniq Sidoarjo.So this research have benefits is description the results implementation sewing programme and to know the problems and the manner what in this programme of sewing course.
This research used to evaluation research.The Approach used in this research is descriptive qualitative research. Subjects data comes from learners, learning tutors, and organize. Data collection techniques using methods observation, interview, and documentation. Analisis of the data used data reduction, data display and verivication. While the validity of the test data the researcher used credibility, transferbility, dependability, and confirmability.
The results of this research show of evaluation programme sewing course in effort to women empowerment have been succesfull and able to women empowerment. The studies results like theory or practice to be ready skill full by learners, because the students were also given other development program, like as japan smock, design models, and ribbon embroidery. Support through mentoring for graduates as well as facilities and experienced tutor, proven to help learners acquire skills.
Keywords: Evaluation Programme, Women Empowerment
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 76
,
PDF Downloads: 819




