PENGELOLAAN KURSUS MUSIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUSIKALITAS PESERTA DIDIK DI PURWACARAKA MUSIC COURSE CABANG VILLA BUKIT MAS SURABAYA

Authors

  • RISKA INDRIANI ASMONO

Abstract

Kursus pada hakekatnya merupakkan salah satu bentuk dari pendidikan non formal. Dalam hal ini terdapat dua jenis kursus yaitu kursus non vokasional dan kursus vokasional. Pada penelitian ini termasuk dalam kursus vokasional karena merupakan pendidikan kursus yang memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk peserta didik sebagai bekal untuk masuk dalam dunia kerja, sehingga materi atau pengetahuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan usaha.
Pada era saat ini sudah banyak sekali contoh dari pada jenis kursus vokasional. Salah satu contohnya dari jenis kursus vokasional adalah kursus musik. Didalam lembaga kursus yang berkembang harus memiliki tingkat pengelolaan yang baik. Didalam pengelolaan yang baik dapat berpengaruh pula dalam peningkatan kemampuan musikalitas. Kemampuan musikalitas merupakkan kualitas atau keadaan dari sesuatu yang bersifat musik
Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakkan di Purwacaraka Music Course Cabang Villa Bukit Mas Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakkan adalah pendekatan kuantitatif yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi positif antara pengelolaan kursus musik dengan kemampuan musikalitas peserta didik.
Dari hasil penelitian yang sudah didapatkan, maka akan dibuat suatu pembahasan mengenai hasil-hasil dari analisa penelitian tersebut. Pembahasan penelitian ini membahas mengenai korelasi positif antara pengelolaan kursus musik dengan kemampuan musikalitas. Berdasarkan hasil olah data dari hasil penelitian dijelaskan bahwa pengelolaan kursus musik mempunyai korelasi positif sebesar 0,960 yang dapat di kategorikan memberikan dampak sangat kuat terhadap kemampuan musikalitas peserta didik.
Kata kunci : pengelolaan kursus musik, kemampuan musikalitas
ABSTRACT
Course essentially is one of non-formal educations form. In this matter, there are two courses namely non vocational course and vocational course. In this research belonged to vocational course since is an education course that deliver knowledge and skill to student as a modality in entering work field, so that its matter or knowledge that delivered appropriated with the needs of work field and business.
At this time there are many examples of vocational courses type. One of them is music course. On a developing course institution must have good developmental rate. On a good developmental can affecting the improvement of musicality skill/ability. This research conducted on Purwacaraka Music Course Villa Bukit Mas Surabaya. Research approach that applied was quantitative approach that emphasize its analysis on numeric data that processed by statistical method. The aim of this research was to determined positive correlation between music course developments with student’s musicality ability.
From research result which already obtained, it will derived a discussion concerning results from theses research analysis. The discussion of this research covering about positive correlation between music course developmentswith musicality ability. Based on data processing result from research result its explained that music course developments have positive correlation as big as 0.960 that can be categorized give very strong effect to student’s musicality ability.
Keywords: music course developments, musicality ability

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

INDRIANI ASMONO, R. (2015). PENGELOLAAN KURSUS MUSIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUSIKALITAS PESERTA DIDIK DI PURWACARAKA MUSIC COURSE CABANG VILLA BUKIT MAS SURABAYA. J+PLUS UNESA, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/13220
Abstract views: 95 , PDF Downloads: 331