Program Pelatihan Bina Taruna Cinta Lalu Lintas dalam Upaya Menumbuhkan Perilaku Sosial Tertib Berlalu Lintas Remaja Usia 16-17 TahunDI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • TWUWENTY PUTRI HERERA

Abstract

Abstrak
Berdasarkan hasil observasi di Dinas Kabupaten Sidoarjo menunjukkan bahwa tingkat
kecelakaan pada tahun 2014 didominasi dengan jenis pelakunya yaitu siswa SMA yang usianya
sekitar 16-17 tahun. Melihat keadaan ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo
menyelenggarakan pelatihan bagi siswa SMA. Platihan Bina Taruna Cinta Lalu Lintas
merupakan pelatihan bagi siswa SMA untuk melatih dan menumbuhkan perilaku tertib berlalu
lintas khusunya bagi remaja usia 16-17 tahun. Peneliti menuangkan masalah tersebut dalam
sebuah penelitian skripsi dengan fokus masalah sebagai berikut: (1) bagaimana pelaksanaan
program pelatihan; (2) Bagaimana perilaku sosial remaja setelah mengikuti pelatihan; (3)
Apakah faktor penghambat dalam proses perubahan sosial pada perilaku remaja setelah
mengikuti pelatihan; (4) Apakah faktor pendukung dalam proses perubahan sosial pada perilaku
remaja setelah mengikuti pelatihan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Ex Post Facto dengan melakukan
pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan
dengan menganilisis data dengan reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Yang
terakhir menguji keabsahan data melalui uji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan
transferabilitas.
Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan Bina Taruna
Cinta Lalu Lintas berjalan dengan efektif dan efisien, hal ini karena pada penyelenggaraan
memperhatikan aspek pelaksanaan pelatihan antara lain sebagai berikut: (1) rekrutmen peserta
pelatihan; (2) merumuskan tujuan dan bahan pelatihan; (3) metode pembelajaran; (4) alokasi
waktu; (5) dana belajar; (6) tempat dan sarana pendukung pelatihan; (7) alat dan media
pembelajaran; (8) sumber/narasumber; (9) iklim sosial dan suasana pembelajaran; (10)
mengevaluasi program pelatihan. Pelatihan Bina Taruna Cinta Lalu Lintas sebagai stimulus bagi
remaja atau pelajar SMA/K di Kabupaten Sidoarjo menghasilkan respon berupa perubahan
sosial pada perilaku tertib berlalu lintas remaja di Kabupaten Sidoarjo. Aspek perubahan
perilaku sosial tertib berlalu lintas antara lain: (1) mampu berperilaku sosial tertib berlalu lintas
di jalan raya dengan baik; (2) mampu memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan ranmor
(kendaraan bermotor); (3) mampu mentaati rambu-rambu lalu lintas sebagai fasilitas lalu lintas
di jalan raya; dan (4) mampu memenuhi kelengkapan mengemudikan ranmor (kendaraan
bermotor). Faktor penghambat pada pelatihan ini ialah sikap masyarakat yang tradisional, adat
dan kebiasaan. Sedangkan, faktor pendukung pelatihan ini yaitu sistem pendidikan formal yang
maju dan orientasi ke masa depan.
Kata kunci : Pelatihan Bina Taruna Cinta Lalu Lintas, Perilaku Sosial Tertib Berlalu Lintas

Abstract
Based on observations in Sidoarjo Department Office, shows that the accident rate in 2014 was
dominated by the high school students who are around 16 to17 year old. Seeing this situation,
Transportation Department of Sidoarjo held a training for high school students. Bina Taruna
Cinta Lalu Lintas Training is a training for high school students to train and foster good and
correct traffic behavior especially for adolescents by the age of 16 to 17 year old. The
researcher carries that problem in a thesis research with the focus problems as follows: (1) How
the realization of the training program; (2) How the social behavior of adolescents after following
training program; (3) What the obstacle factors in the process of social change in adolescent
behavior after following training program; (4) What are the supporting factors in the process of
social change in adolescent behavior after following training program.
This study used a descriptive approach of Ex Post Facto with collecting the data, were through
interviews, observation and documentation. Then the process was deals with analyzing the data
with data reduction, data display, verification and conclusion. The last was testing the validity of
the data through the test of credibility, dependability, confirmability, and transferability.
The results of this study shows that the realization of the Bina Taruna Cinta Lalu Lintas Training
running effectively and efficiently, it is because the realization of training guided by concerning to
the aspects of the implementation of the training that are follows: (1) recruitment of trainees; (2)
formulate objectives and training materials; (3) methods of learning; (4) The allocation of time;
(5) learning fund; (6) the place and the supporting means of training; (7) tools and learning
media; (8) source / resource person; (9) the social atmosphere and learning environment; (10)
evaluating the training program. Bina Taruna Cinta Lalu Lintas Training as a stimulus for
teenagers or students of Senior/Vocational High School in Sidoarjo that produce a response in
the form of social change in the adolescent’s orderliness traffic behavior in Sidoarjo. Aspects of
social change of orderliness traffic behavior are as follows: (1) be able to well behave orderly in
highway traffic; (2) capable of filling the technical requirements and motor vehicles roadworthy;
(3) capable of obeying traffic signs as traffic facilities on the highway; and (4) be able to fill the
completeness in driving motor vehicle. The obstacle factors of this training are the traditional
public attitudes, customs and habits of society. Meanwhile, supporting factors of this training are
advanced formal education system and future orientation.
Keywords: Bina Taruna Cinta Lalu Lintas Training, Social Behavior of Traffic Orderliness

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

PUTRI HERERA, T. (2015). Program Pelatihan Bina Taruna Cinta Lalu Lintas dalam Upaya Menumbuhkan Perilaku Sosial Tertib Berlalu Lintas Remaja Usia 16-17 TahunDI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SIDOARJO. J+PLUS UNESA, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/13222
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 101