PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C di SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN DAN KOTA MALANG

Authors

  • ADITYA FATMAWATI PUTRI

Abstract

Abstrak

Kejar Paket C merupakan salah satu jenis pendidikan non formal yang berfungsi sebagai pengganti pendidikan formal setara SMA. Dalam pembelajaran pada kelompok belajar paket C, seperti halnya pembelajaran pada pendidikan formal, tentu saja digunakan pendekatan yang sesuai. Pendekatan pembelajaran andragogi merupakan pendekatan dalam pembelajaran dengan menggunakan prinsip – prinsip pembelajaran orang dewasa. Prinsip – prinsip tersebut digunakan dalam pembelajaran karena mayoritas warga belajar Kejar Paket C adalah orang dewasa, sehingga perlu diterapkan pendekatan yang sesuai. Untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan pembelajaran andragogi terhadap motivasi dan prestasi belajar warga belajar, maka akan dibandingkan ada atau tidaknya perbedaan motivasi dan prestasi belajar pada SKB Kota Malang yang menerapkan pendekatan pembelajaran andragogi dengan SKB Kabupaten Malang yang tidak menerapkan pendekatan pembelajaran andragogi. Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan motivasi dan prestasi belajar pada SKB Kabupaten dan Kota Malang, maka dilakukan penelitian pada kedua lembaga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Untuk dapat mengukur motivasi belajar warga belajar, digunakan instrumen penelitian berupa angket, sedangkan untuk mengukur prestasi belajar diambil dari nilai hasil ujian akhir semester pada tiap – tiap kelompok belajar yang kemudian diuji dengan uji t (t-test). Dari hasil penelitian diketahui bahwa motivasi dan prestasi belajar pada warga belajar Kejar Paket C di SKB Kota Malang lebih tinggi jika dibandingkan dengan warga belajar Kejar Paket C di SKB Kabupaten Malang.

Kata Kunci: Kejar Paket C, Andragogi.

 

Abstract 

Packet C is kind of non formal education in the function as subtituter of formal education. In the learning on learners packet C like learning in formal education is needed to have a great approach. Andragogy learning approach is an approach to learning by using principlesof adult learning. The principles used in teaching adults because the majority of learn people Packet C are adults, so it is necessary to apply the appropriate approach. To determine the effect of andragogy learning approaches to motivation and learning achievements of learners, it is compared whether or not the difference in motivation and learning achievement at SKBMalang city who apply andragogy learning approachwith SKB Malang regency that do not apply andragogy learning approach.To determine whether or not differences in motivation and learning achievement in the SKB Malang city and Malang regency, then conducted research at both institutions. Type of research is quantitative research. To be able to measure learning motivation of citizens to learn, use research instruments such as questionnaires, while for measuring learning achievement is taken from the value of the results of final exams on group learned that later tested by t test (t-test).The survey results revealed that there was no difference between the learners' learning motivation Packet C in SKB Malang city with in SKBMalang city. While on student achievement, it is known that there are differences in learning achievement between citizens studying in SKB Malang city and SKB Malang regency. 

Keywords: Packet C, andragogy. 


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

FATMAWATI PUTRI, A. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C di SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN DAN KOTA MALANG. J+PLUS UNESA, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/13232
Abstract views: 110 , PDF Downloads: 188