PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA (ANDRAGOGI) DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KAMPUNG KUE RUNGKUT LOR II RT 4 RW 5 KELURAHAN KALIRUNGKUT SURABAYA
Abstract
Abstrak
Kampung Kue merupakan suatu julukan yang dimiliki oleh daerah Rungkut Lor II Surabaya yang diberikan karena banyaknya ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan sebagai pembuat kue. Adanya kegiatan usaha ini tidak terlepas dari adanya pemberdayaan masyarakat yang menerapkan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa untuk mencapai tujuan pemberdayaan yakni untuk memperoleh penghasilan tambahan dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana penerapan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa dalam program pemberdayaan masyarakat di Kampung Kue.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka dilakukan analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa dalam pemberdayaan masyarakat di Kampung Kue belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya permasalahan yang dialami yaitu anggota yang tidak leluasa dalam menentukan arah pembelajaran dan adanya anggota yang tertutup untuk berbagi pengalaman pada anggota lain.
Kata Kunci: Kampung Kue, pemberdayaan masyarakat, prinsip andragogi
Abstract
Cake Village is a cognomen owned by the region rungkut lor ii surabaya given because of the number of a housewife who has the occupation as maker cake.Such an activity these efforts have not despite the presence of community empowerment is to apply the principles of education adults in order to achieve the purposes of empowerment namely for received additional income in meet the needs of her family.This research described how the application of the principles education adults in the program of community development at Cake Village.
Approach used is a qualitative approach. The data was undertaken with interview techniques, observation , and documentation. After data collected, then done an analysis of data using the reduction of data, display data, and verification.
The result showed that the application of the principles of adults in the society empowerment in their cake is not optimal.This is demonstrated by a number of problems that affect the member who are not freely in determining the direction of learning and the officers closed to share experiences on the other.
Keyword : Cake Village, community empowerment, the principle of andragogy.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

