PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP DAN PERILAKU WARGA BELAJAR DI PANTI ASUHAN KHADIJAH 1 WONOKROMO SURABAYA

Authors

  • ARI RIDMA WULANDARI

Abstract

Abstrak

Pendidikan agama merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting, untuk bersikap dan berperilaku. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pendidikan agama dengan sikap dan perilaku warga belajar di panti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional karena mencari hubungan antar variabel. Uji validitas menggunakan product moment pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua (split half). Selanjutnya analisis data yang digunakan adalah pearson product moment yaitu untuk mencari hubungan. Uji validitas,uji reliabilitas dan analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendidikan agama dengan sikap dan perilaku warga belajar. Dibuktikan analisis data hubungan antara pendidikan agama (X)  dengan sikap  (Y1) yaitu r = 0,665 dengan r tabel 0,361 dengan N=30 ,  r hasil lebih besar dari pada r tabel maka Ha diterima , Ho ditolak dan korelasi signifikan. Sedangkan hubungan antara pendidikan agama (X)  dengan perilaku (Y2) yaitu r = 0,431 dengan r tabel 0,361 dengan N=30, r hasil lebih besar dari pada r tabel maka Ha diterima,Ho ditolak dan korelasi signifikan. Adanya hubungan positif antara pendidikan agama (X) dengan sikap (Y1)  dan perilaku (Y2). Maka semakin baik pendidikan agama, semakin baik pula sikap dan perilaku warga belajar di panti asuhan.

Kata Kunci: Pendiidkan Agama, Sikap, Perilaku

Abstract 

Religious education is one of the important education. Because with it the person could took a behaviour and attitude. The purpose of this research is to know the correlation between the implementation of religious education with the behaviour and attitudes of the students in orphanage. The research methodology was quantitative , while the types of this research is correlation because wants to know the correlation between variable. The test validity used a pearson product moment, while the reability test used split half technique. Next, to analyze the data it used the pearson product moments because it to know the correlation. The test validity, test reability and analysis of the data used SPSS 22 programme. The result showed that there are any correlation between the religious education with the students behaviour and attitude. It proof the data analysis of the correlation between religious education (X) with the attitude (Y1) is r = 0,665 with r table 0,361 and N=30, r result was greater than r table, so Ha accepted and the correlation was significant. While, the correlation between religious education (X) with the behaviour (Y2) is r = 0,431 with a r table 0,361 and N=30, r result was greater than r table, so Ha accepted, Ho was ignored and the correlation was significant. There are any positive correlation between religious education (X) with attitude (Y1) and behaviour (Y2). So, when the religious education better, the attitude and behaviour of the students in orphanage was better too.

Keywords: Religious education, Attitude, Behaviour.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-09-03

How to Cite

RIDMA WULANDARI, A. (2015). PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP DAN PERILAKU WARGA BELAJAR DI PANTI ASUHAN KHADIJAH 1 WONOKROMO SURABAYA. J+PLUS UNESA, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/13245
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 73