HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI UPTD SKB KABUPATEN MALANG
Abstract
Abstrak
Kesetaraan kejar paket B atau setara SMP merupakan program pendidikan dijalur nonformal. Tutor merupakan faktor yang sangat penting dalam pendidikan nonformal, bagi peserta didik tutor merupakan sosok yang berperan penting dalam pembelajaran. Untuk itu kompetensi pedagogik seorang tutor sangat berpengaruh didalam pembelajaran terutama dalam pencapaian hasil belajar. Pencapaian tujuan belajar dalam proses belajar mengajar hasilnya diukur atau ditentukan dengan suatu hasil belajar. Berhasil tidaknya seorang peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar atau yang sering kita kenal dengan prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik tutor dengan hasil belajar peserta didik kejar paket B pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Responden yang diteliti sejumlah 35 peserta didik. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment dengan bantuan software SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik tutor di SKB Kabupaten Malang pelaksanaannya kurang dapat dilihat dari hasil penelitian, kompetensi pedagogik tutor terletak pada prosentase 45%-55% hal ini menunjukkan pelaksanaannya kurang. Sedangkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kejar paket B terletak pada presentase 80-100 hal ini menunjukkan hasil belajar peserta didik sanggat baik.
Hasil perhitungan hubungan antara kompetensi pedagagogik tutor dengan hasil belajar peserta didik kejar paket B sebesar 0,643 yang termasuk dalam kategori kuat . Hasil analisis product moment menggunakan SPSS 22 yaitu sebesar 0,643. Hal ini menunjukkan bahwa p ≠ 0, sehingga Ho yang berbunyi tidak ada hubungan antara Kompetensi Pedagogik Tutor dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris peserta didik kejar paket B di UPTD SKB Kabupaten Malang ditolak. Berdasarkan tabel pedoman untuk menginterpretasikan koefisien korelasi, diperoleh hasil korelasi antara Kompetensi Pedagogik Tutor dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris peserta didik kejar paket B sebesar 0,643 berada pada interval 0,60-0,799 yang menyatakan hubungan kuat. Sedangkan kontribusi kompetensi pedagogik tutor dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kejar paket B sebesar 41,34%.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar
ABSTRACT
THE RELATION OF TUTOR’S PEDAGOGIC COMPETENCE WITH KEJAR PAKET B STUDENT’S LEARNING RESULT ON ENGLISH SUBJECT AT UPTD SKB MALANG DISTRICT
Kejar Paket B study group or equal with junior high school is education program on non-formal line. Tutor is an important factor to non-formal education, for student tutor is an important figure in learning. Therefore, tutor competence is very influential on learning especially in learning result achievement. Learning objective achievement in learning process its result will be measured or decided by learning result. The success or failure of student I learning activity can be seen from its learning results or which we often known as learning achievement.
This research applied quantitative approach. Research objective was to determine the relation between tutor’s pedagogic competences with Kejar Paket B student’s learning result on English subject. Respondent that measured as many 35 students. Data collecting method in this research was observation, questioner and documentation. Data analysis technique applied product moment analysis with SPSS 22 software assistance.
Research results showed that tutor’s pedagogic competences on SKB Malang district was lack of implementation observed from research result, tutor’s pedagogic competences lies at percentage 45%-55%, it showed lack of implementation. While for english learning result of Kejar Paket B student ranging on percentage 80-100 which showed that student’s learning results was very good.
Calculation results from the relation between tutor’s pedagogic competences with Kejar Paket B student’s learning result as big as 0.643 which belong to strong category. Product moment analysis results by applied SPSS 22 was 0.643. It showed that p ≠ 0, that Ho which sounds there is no relation between tutor’s pedagogic competences with Kejar Paket B student’s learning result of UPTD SKB Malang district was rejected. Based on guidance table to interpret coefficient correlation, it obtained correlation between tutor’s pedagogic competences with Kejar Paket B student’s learning result as big as 0.463 as big as 0.643 ranging on interval 0.60-0.799 that stated strong relation. While for tutor’s pedagogic competences in improving Kejar Paket B student’s learning result was 41.34%.
Keywords: pedagogic competence, learning result.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 54
,
PDF Downloads: 31




