HUBUNGAN ANTARA PARENTING EDUCATION DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD INSAN MULIA BINAAN UPTD SKB KABUPATEN NGANJUK

  • SYIFA AZZAH HAFIDHOH

Abstract

Abstrak

Parenting education merupakan pendidikan informal yang diselenggarakan bagi orang tua untuk dapat membimbing anak-anak mereka menjadi pribadi yang berkualitas. Parenting education dilaksanakan dengan memberikan bekal kepada orang tua terutama seorang ibu agar dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui anak-anak mereka.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan parenting education, mengetahui pembentukan karakter anak usia dini dan mengetahui hubungan antara parenting education dengan pembentukan karakter anak usia dini di PAUD Insan Mulia Binaan UPTD SKB Kabupaten Nganjuk.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang tua siswa PAUD Insan Mulian Binaan UPTD SKB Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumantasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik alasisis product moment untuk menganalisis hasil angket dan presentase untuk menganalisis hasil observasi.

Adanya hubungan yang positif antara parenting education dengan pembentukan karakter anak usia dini di PAUD Insan Mulia binaan UPTD SKB Kabupaten Nganjuk ditunjukkan dengan harga r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,985 ≥ 0,361). Hubungan antara kedua variable termasuk dalam kategori sangat tinggi karena berada pada interval koefisien 0,80 – 1,000. Hasil uji signifikasi juga menunjukkan bahwa harga t-hitung lebih besar dari t-tabel (30,294 ≥ 2,048) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara parenting education dengan pembentukan karakter anak usia dini. 

Published
2016-04-07
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 193