HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LBB PRIMAGAMA KABUPATEN LAMONGAN

  • MIRZA ARIBOWO SYAMHADI PRANOTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran, bagaimana prestasi belajar dan apakah ada hubungan antara penerapan strategi pembelajaran dengan prestasi belajar peserta didik di LBB Primagama Kabupaten Lamongan. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti pembelajaran dan responden yang diteliti sejumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabulasi silang dan Rho-Spearman. Diketahui ada hubungan yang positif antara penerapan strategi pembelajaran dengan prestasi belajar peserta didik, hal ini terbukti dari analisis data dihasilkan r hitung sebesar 0,533. Sedangkan r tabel dengan taraf kesalahan 5% untuk N=30 yaitu 0,533. (r hitung 0,533 > r tabel 0,361). Kesimpulan penelitian yaitu hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara penerapan strategi pembelajaran dengan prestasi belajar peserta didik diterima, yang artinya semakin baik strategi pembelajaran yang diterapkan, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar peserta didik. 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, prestasi belajar.

Abstract

Education is essentially a conscious effort to cultivate human resources potential learners by encouraging and facilitating their learning activities. This study aims to determine how the learning strategies, how learning achievement and whether there was a relationship between the application of learning strategies and academic achievement of students in LBB Primagama Lamongan. Approaches and types of research using quantitative research. The object of this study is the learners who follow learning and respondents who researched a number of 30 people. The method used in this research is the questionnaire method, observation and documentation. Data were analyzed using cross tabulation analysis and Spearman Rho. Known to be a positive relationship between the application of learning strategies and academic achievement of students, it is evident from the analysis of data generated r calculated at 0.533. While r table with a standard error of 5% to N = 30 is 0.533. (R 0.533 count> r table 0.361). The conclusion of research is the hypothesis that there is a relationship between the application of learning strategies and academic achievement of students accepted, which means the better strategy applied learning, the higher the learning achievements of learners.

Keywords: learning strategies, academic achievement.

Published
2016-04-08
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 181