PELATIHAN MENGELOLA BATU AKIK RUMAH USAHA SERUMPUN (RUS) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN WARGA BELAJAR BINAAN UPT KABUPATEN PACITAN

  • PIPIT ERNANINGTIYAS

Abstract

Pelatihan mengolah batu akik bertujuan agar warga belajar mempunyai kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dengan memanfaatkan potensi daerah sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga belajar. Peningkatan pendapatan melalui kegiatan memproduksi batu akik secara terus menerus serta keuntungan yang diperoleh warga belajar berasal dari pendapatan yang telah dikurangi dengan modal yang dikeluarkan.

Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan  kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah warga belajar, narasumber pelatihan dan pengelola RUS. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Didukung dengan keabsahan data menggunakan kredibilitas, dependebilitas, konfirmabilitas dan transfermabilitas.

Hasil penelitian dari pelatihan mengolah batu akik ini menunjukkan bahwa pelatihan berjalan lancar dan efektif. Adanya peningkatan pengetahuan tentang pengolahan batu akik, kemampuan membuat keterampilan batu akik, perubahan sikap yang disiplin dan dapat meningkatkan pendapatan warga belajar melalui pelatihan mengolah batu akik menjadi assesoris unik dan mempunyai nilai jual tinggi. Pelaksanaan model rumah usaha serumpun (RUS) dibuat dengan tujuan memberikan layanan pendidikan dan keterampilan pada setiap warga belajar sehingga mampu membentuk kelompok usaha yang berkesinambungan dan berkembang dengan beberapa layanan yang telah diberikan.

Kata Kunci : Pelatihan, Peningkatan Pendapatan

Published
2016-07-21
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 136